Mengenal Lebih Dekat
Pengertian dan Fungsi Buyer Persona untuk Bisnis
Semakin berkembangnya
dunia bisnis, maka semakin besar pula persaingan yang harus dihadapi oleh para
pengusaha. Di antara mereka banyak yang berlomba-lomba melakukan berbagai strategi marketing untuk mendapatkan simpati dari konsumen.
Dari menggunakan social
media untuk iklan sampai membayar orang untuk promosi, ada juga yang
menggunakan buyer persona untuk menjalankan strategi
marketing.
Tahukah Anda apa
itu buyer persona?
Pengertian Buyer Persona
Buyer persona adalah orang fiktif yang sengaja diciptakan dengan
karakteristik tertentu sebagai target konsumen. Buyer persona ini mewujudkan
siapa konsumen terbaik dalam bisnis Anda, seperti apa wajahnya, bagaimana
sifatnya, dan bagaimana ia mengambil suatu keputusan.
Orang yang dapat
menciptakan konsumen bayangan ini adalah Anda sendiri sebagai pengusaha karena
Anda lah yang mengerti detail produk dan jasa yang dijual.
Untuk membuatnya, Anda
perlu menggunakan imajinasi pikiran untuk mengkhayal dan kemudian menulisnya.
Meskipun terlihat mudah, banyak yang perlu Anda pikirkan untuk menciptakannya.
Detail Buyer Persona
Untuk menentukan buyer
persona, ada beberapa hal yang harus Anda tentukan dan pikirkan seperti:
a. Data Pribadi
Untuk mengetahui data
pribadi buyer persona, dalam bayangan Anda harus mampu menjawab
pertanyaan berikut untuk menggambarkan orang tersebut.
·
Siapa nama konsumen?
·
Apa jenis kelaminnya?
·
Berapa umurnya?
·
Apa pendidikannya?
·
Apakah sudah bekerja dan apa pekerjaannya?
·
Berapa penghasilan yang dia peroleh?
·
Bagaimana statusnya, apakah sudah menikah
atau belum?
·
Sudah memiliki anak, jika sudah umur berapa?
b. Tingkah Laku
Gambarkan konsumen
terbaik Anda dengan membayangkan sesuai pertanyaan berikut.
·
Apa hobinya?
·
Makanan dan minuman apa yang paling ia sukai?
·
Apa yang ia sukai?
·
Social media apa
saja yang ia gunakan?
·
Berapa forum online yang ia
ikuti dan apa saja?
c. Kebiasaan Berbelanja
Anda juga perlu
membayangkan kebiasaan buyer persona mengenai cara
berbelanjanya dengan menjawab pertanyaan di bawah ini.
·
Bagaimana kebiasaan ia berkomunikasi, melalui
telepon, email, atau secara langsung?
·
Bagaimana cara ia mengetahui suatu produk?
Melalui iklan, saran dari teman, ataukah melalui internet.
·
Jika melalui internet, bagaimana cara ia
mencari informasi tersebut?
·
Apa cara berbelanja yang lebih disukai,
secara offline atau online?
Cara menentukan detail
dari buyer persona adalah dengan menjawab beberapa pertanyaan
di atas. Jika Anda merasa masih kurang detail, Anda bisa
menambahkan sebanyak mungkin informasi yang diketahui karena semakin banyak
informasi semakin dekat pula Anda dengan pembeli.
Fungsi Buyer Persona
Telah disebutkan di atas
bahwa buyer persona sangat penting dalam strategi marketing,
lalu apa saja fungsinya? Berikut adalah keuntungan yang bisa Anda dapatkan jika
memiliki konsumen khayalan tersebut.
a. Anda dapat mengidentifikasi
kebutuhan serta keinginan konsumen terhadap produk yang dijual.
b. Memahami bagaimana konsumen Anda
membuat keputusan pembelian sehingga Anda dapat menargetkan pemasaran dan
membuat penjualan yang lebih baik.
c. Mengembangkan atau membuat produk
atau layanan baru yang sesuai dengan kebutuhan dan keinginan konsumen sehingga
Anda dan mereka sama-sama untung.
d. Menentukan strategi pemasaran
yang tepat sehingga dapat mendatangkan banyak konsumen baru.
e. Membuat usaha pemasaran Anda
menjadi lebih efektif dan efisien.
0 comments:
Posting Komentar