Senin, 27 April 2020

Website dalam E-Commerce

Website dalam E-Commerce

sumber gambar : https://id.techinasia.com/

1. E-business adalah transformasi proses dalam organisasi untuk memberikan nilai tambah kepada pelanggan melalui penerapan teknologi informasi.
2. E-commerce adalah salah satu cara memperbaiki kinerja dan mekanisme pertukaran barang, jasa, informasi, dan pengetahuan dengan memanfaatkan teknologi berbasis jaringan peralatan digital.
3. Adapun karakteristik dari e-commerce, sebagai berikut.
            a. Terjadinya transaksi antara dua belah pihak.
            b. Adanya pertukaran barang, jasa, atau informasi.
            c. Internet merupakan media utama dalam proses atau mekanisme perdagangan online.
4. Adapun jenis e-commerce secara umum, sebagai berikut.
            a. E-commerce bisnis ke konsumen
            b. E-commerce bisnis ke bisnis
5. Tujuan suatu perusahaan menggunakan sistem e-commerce dalam kegiatan bisnis adalah perusahaan dapat lebih efisien dan efektif dalam meningkatkan keuntungannya.
6. Di mana manfaat e-commerce dalam suatu perusahaan sebagai sistem transaksi, sebagai berikut.
            a. Dapat meningkatkan market exposure (pangsa pasar).
b. Meningkatkan customer loyalty.
            c. Menurunkan biaya operasional (operating cost).
.           d. Meningkatkan supply management.
            e. Melebarkan jangkauan (global reach).                                                                     f. Memperpendek waktu produksi.
7. Berikut adalah keuntungan e-commerce bagi konsumen.
a.       Memberikan kesempatan konsumen yang berada di belahan dunia mana pun untuk dapat menggunakan sebuah produk/service yang dihasilkan dari belahan dunia yang berbeda dan melakukan transaksi dan         meraih informasi dari pihak pertama sepanjang tahun.
b.      Memberikan kesempatan konsumen untuk mendapatkan produk/service terbaik dari berbagai pilihan yang    ada karena konsumen mendapat kesempatan untuk memilih berbagai jenis produk/service secara langsung.
c.       Memberikan kesempatan bagi konsumen yang terpisah tempat tinggalnya dari produsen untuk berinteraksi,     berdiskusi, dan bertukar pengalaman.
8. Adapun dampak negatif dari e-commerce, sebagai berikut.
a.       Perusahaan akan kehilangan dari segi finansial secara langsung karena adanya kecurangan.
b.      Adanya pencurian informasi yang sangat rahasia dan berharga.
c.       Kehilangan kesempatan bisnis atau kerugian pelanggan karena gangguan pelayanan.
d.      Adanya pengaksesan ke sumber pihak yang tidak berhak.
e.       Dapat kehilangan sebuah kepercayaan dari para konsumen.
f.       Terjadinya kerugian yang tidak terduga-duga, karena adanya gangguan yang dilakukan dengan sengaja, ketidakjujuran, kesalahan dari faktor manusia ataupun kesalahan dari sistem elektronik.
9. Strategi pemasaran dalam e-commerce tidak ubahnya terjadi dalam pemasaran konvensional. Adapun strategi tersebut terdiri dari pengambilan keputusan-keputusan tentang pemasaran, bauran pemasaran, alokasi pemasaran dalam hubungan dengan keadaan lingkungan yang diharapkan dan kondisi persaingan.
10. Prinsip-prinsip dalam melakukan transaksi pembayaran dalam e-commerce, yaitu security, confidentiality, integrity, authentication, authorization, dan assurance.

Simak video berikut ini!!



Tugas Mandiri !!
  1. Jelaskan pengertian e-commerce!
  2. Jelaskan jenis-jenis e-commerce!
  3. Jelaskan tujuan dan manfaat e-commerce! 
  4. Jelaskan keuntungan e-commerce bagi produsen
  5. Jelaskan keuntungan e-commerce bagi konsumen


0 comments:

Posting Komentar