Selasa, 22 November 2022

SOAL 20 PILIHAN GANDA DAN 5 URAIAN PENILAIAN AKHIR SEMESTER ( PAS ) GANJIL KELAS XII SMK BDP BISNIS ONLINE

 SOAL 20 PILIHAN GANDA DAN 5 URAIAN PENILAIAN AKHIR SEMESTER ( PAS ) GANJIL KELAS XII SMK BDP BISNIS ONLINE

PETUNJUK  KHUSUS :

1. Soal nomor 1 – 20 adalah soal Pilihan Ganda

2. Pilihlah satu jawaban yang paling tepat                                

 

  1. E-commerce merupakan sebuah aplikasi dari suatu teknologi menuju otomatisasi dari transaksi bisnis dan aliran kerja. Merupakan pengertian e-commerce ditinjau dari segi prespektif…

A. komunikasi

B. layanan

C. online

D. pemasaran

E. proses bisnis

 

  1. Market exposure atau pangsa pasar merupakan ... dari e-commerce.

A. tujuan

B. manfaat

C. keuntungan

D. jenís

E. hambatan

 

  1. Sarana menjual produk secara online dengan fasilitas internet atau perdagangan secara elektronik yang dilakukan dengan memanfaatkan jaringan telekomunikasi, terutama internet adalah pengertian e-commerce menurut...

A. Sunarto

B. Munir Fuady

C. Loudon

D. Mark Van Ketel dan Tim Nelson

E. David Baum

 

  1. Berikut ini yang bukan merupakan karakteristik dari business to business dalam e-commerce, yaitu .
    1. trading partners yang sudah saling mengetahui dan antara mereka sudah terjalin hubungan yang berlangsung cukup lama
    2. pertukaran data dilakukan secara berulang-ulang dan berkala dengan format data yang telah disepakati bersama
    3. salah satu pelaku tidak harus menunggu rekan mereka lainnya untuk mengirimkan data
    4. model yang umum digunakan adalah peer to peer, di mana processing intelligence dapat didistribusikan di kedua pelaku bisnis
    5. sering dilakukan sistem pendekatan client-server

 

  1. Suatu usaha dari perusahaan untuk menjalin hubungan interaktif dengan pelanggan atau konsumen yang telah dimilikinya disebut ....
    1. vendors management
    2. i-market
    3. customer care
    4. e-commerce
    5. extended supply chain

 

  1. Suatu tempat atau arena di dunia maya di mana calon pembeli dan penjual saling bertemu untuk melakukan transaksi secara elektronik melalui media internet, yaitu
    1.  e-commerce
    2. e-advertising
    3. e-business
    4. i-market
    5. customer care

 

  1. Berikut ini yang merupakan tujuan dari e-commerce adalah..
    1. perusahaan dapat lebih efisien dan efektif dalam meningkatkan keuntungannya
    2. perusahaan dapat memproduksi produk
    3. agar konsumen dapat bertatap muka dengan pemasar
    4. untuk menambah persaingan
    5. untuk menumpuk produk barang

 

  1. Berikut ini merupakan manfaat dari e-commerce dalam sebuah perusahaan sebagai suatu sistem transaksi, kecuali ...
    1. dapat meningkatkan market exposure
    2. melebarkan jangkauan
    3. meningkatkan customer loyalty
    4. meningkatkan supply management
    5. meningkatkan biaya operasional

 

  1. Bisnis yang dilakukan oleh orang atau pihak yang saling memiliki kepentingan bisnis, di mana kedua belah pihak saling mengenal dan saling mengetahui proses bisnis yang mereka lakukan satu sama lain, disebut dengan e-commerce ..
    1. Business to Business (B2B)
    2. Business to Consumer (B2C)
    3. Consumen to Consumen (C2C)
    4. Cosumer to Busness (C2B)
    5. Business to Administration (B2A)

 

  1. Transaksi online dapat diakses oleh semua orang di dunia tidak terbatas tempat dan waktu. Merupakan manfaat E-commerce, yaitu..
    1. market exposure
    2. operating cost
    3. global reach
    4. customer loyaly
    5. supply management

 

  1. Bentuk saluran pemasaran dengan iklan yang dapat mengirim pesan teks, video, dan slīdeshow gambar dari produk, dalam mobile marketing disebut.

A. Multimedia Message Service (MMS)

B. Game mobile marketing

C. Mobile web marketing

D. Pemasaran via bluetooth dan infrared

E. Mobile marketing melalui kode quick response

 

  1. Aplikasi akses internet atau akses internet menggunakan peralatan yang bersifat mobile berbasiskan browser yang bertujuan untuk mengakses layanan wireless dengan menggunakan perangkat mobile seperti handphone, disebut dengan.

A. e-business

B. mobile marketing

C. e-commerce

D. e-marketing

E. mobile web

 

  1. Fungsi mobile marketing salah satunya adalah mendorong terjadinya perdagangan atau mendorong end customer untuk membeli produk atau jasa yang disebut ...

A. mobile marketing

B. mobile advertising

C. mobile sales promotion

D. mobile direct marketing

E. customer relation management

 

  1. Berikut ini yang bukan merupakan fungsi penting mobile marketing adalah ..

A. mobile advertising

B. mobile direct marketing

C. mobile sales promotion

D. mobile customer relation management

E. mobile web marketing

 

  1. Aktivitas komunikasi pemasaran yang digunakan untuk mendorong terjadinya perdagangan atau mendorong end customer untuk membeli produk atau jasa, atau melakukan tindakan tertentu akibat dari bertambahnya nilai dari persepsi terhadap produk yang sedang dipromosikan disebut ...

A. mobile marketing

B. sales promotion

C. direct marketing

D. e-business

E. customer relation management

 

  1. Salah satu fungsi penting mobile marketing yang berhubungan dengan komunikasi langsung dengan segmentasi konsumen tertentu untuk mendapatkan reaksi langsung dari konsumen dan untuk mendapatkan loyalitas pelanggan adalah fungsi mobile ...

A. advertising

B. direct marketing

C. marketing

D. customer relation management

E. sales promotion

 

  1. Berikut ini yang bukan merupakan karakteristik dari perangkat mobile adalah

A. ukurannya kecil

B. memori yang tidak terbatas

C. konsumsi daya yang rendah

D. masa hidup pendek

E. konektivitas yang terbatas

 

  1. Perangkat mobile memiliki bandwith rendah, beberapa dari mereka bahkan tidak tersambung, dan kebanyakan dari mereka menggunakan wireless. Hal ini merupakan karakteristik perangkat mobile yang disebut ...

A. masa hidup yang pendek

B. kuat dan dapat diandalkan

C. konektivitas yang terbatas

D. ukurannya yang kecil

E. daya proses yang terbatas

 

  1. Aplikasi akses intemet atau akses internet menggunakan peralatan yang bersifat mobile berbasiskan browser yang bertujuan untuk mengakses layanan data secara wireless dengan menggunakan perangkat mobile seperti handphone, PDA, dan perangkat portable yang tersambung ke sebuah jaringan telekomunikasi seluler, yaitu

A. mobile marketing

B. mobile aplikasi

C. mobile web

D. mobile advertising

E. e-commerce

 

  1. Berikut ini pernyataan yang tepat mengenai kekurangan mobile web adalah ..

A.    pengguna mobile web harus memiliki dua buah domain dan bila ada gangguan atau masalah, maka akan rumit dalam memperbaikinya

B.     dalam mobile aplikasi tidak selalu bisa atau sangat jarang bisa dioperasikan ketika pengguna sedang online

C.     ada beberapa macam aplikasi yang tidak bisa digunakan pada platform IOS lain

D.    biaya pengembangannya jauh lebih mahal jika dibandingkan dengan mobile web

E.     mobile aplikasi mengharuskan adanya persetujuan dan pembatasan konten yang berlaku pada tiap toko aplikasi

 

 

 

 

 

PETUNJUK  KHUSUS :

Untuk soal nomor 1 – 5 adalah Soal Uraian. Jawablah soal-soal di bawah ini dengan benar!

 

  1. Sebutkan empat faktor yang memengaruhi strategi pemasaran dalam e-commerce!
  2. Sebutkan karakteristik bisnis ke konsumen dalam e-commerce!
  3. Apa saja keuntungan e-commerce bagi produsen?
  4. Jelaskan tentang prinsip security dalam sistem e-commerce!
  5. Jelaskan mengenai strategi pemasaran berdasarkan media yaitu penggunaan blog!

 


NO

KUNCI

NO

KUNCI

1

E

11

A

2

B

12

E

3

A

13

C

4

E

14

E

5

C

15

B

6

D

16

B

7

A

17

B

8

E

18

C

9

B

19

C

10

C

20

A



NO

KUNCI

1

1.      Daur hidup produk

2.      Posisi persaingan perusahaan di pasar yang memanfaatkan e-commerce

3.      Situasi ekonomi

4.      Penggunaan media online

2

1) Terbuka untuk umum, di mana informasi disebarkan secara umum.

2) Servis yang digunakan juga bersifat umum, sehingga dapat digunakan oleh orang banyak.

3) Servis yang digunakan berdasarkan permintaan.

4) Sering dilakukan sistem pendekatan client-server.

3

a. Memberikan kesempatan kepada produsen untuk meningkatkan pemasaran produk/servisnya secara global.

b. Mengurangi penggunaan kertas di berbagai aktivitas mulai dari tahapan desain, produksi, pengepakan, pengiriman, distribusi hingga marketing.

C. Mengurangi waktu delay dari pengiriman dan penyimpanan karena antara sistem produksi, pengepakan, penyimpanan, dan distribusi terkoneksi secara online.

d. Membantu perusahaan-perusahaan yang memproduksi produk/servis yang sangat spesifik yang tidak dapat dipasarkan dalam bisnis secara fisik, karena keterbatasan konsumen, tempat dan biaya promosi yang tinggi.

e. Mengurangi waktu dan biaya promosi dari produk/service yang dipasarkan karena tersedianya informasi secara menyeluruh di internet sepanjang waktu.

4

Dalam prinsp ini data atau informasi yang berhubungan dengan hal-hal sensitif semacam nomor kartu kredit dan password tidak boleh sampai dicuri oleh yang tidak berhak, karena dapat disalahgunakan di kemudian hari.

5

Menulis dan blogging dengan kekhususan informasi adalah salah satu strategi pemasaran e-commerce yang paling efektif yang akan menghasilkan banyak lalu lintas yang ditargetkan dan prospek yang berkualitas. Menulis diblog secara teratur, dan meyediakan konten yang unik dan berguna untuk pembaca. Dengan cara ini, perusahaan akan mampu membangun mailing list setia untuk mempromosikan dan menjual produk yang ada serta menawarkan produk baru.


0 comments:

Posting Komentar