SOAL 20 PILIHAN GANDA DAN 5 URAIAN PENILAIAN AKHIR SEMESTER ( PAS ) GANJIL KELAS XII SMK BDP BISNIS ONLINE
PETUNJUK KHUSUS :
1. Soal nomor 1 – 20 adalah soal Pilihan Ganda
2. Pilihlah satu jawaban yang paling tepat
- E-commerce merupakan
sebuah aplikasi dari suatu teknologi menuju otomatisasi dari transaksi
bisnis dan aliran kerja. Merupakan pengertian e-commerce ditinjau dari
segi prespektif…
A. komunikasi
B. layanan
C. online
D. pemasaran
E. proses bisnis
- Market exposure atau
pangsa pasar merupakan ... dari e-commerce.
A. tujuan
B. manfaat
C. keuntungan
D. jenís
E. hambatan
- Sarana menjual produk
secara online dengan fasilitas internet atau perdagangan secara elektronik
yang dilakukan dengan memanfaatkan jaringan telekomunikasi, terutama
internet adalah pengertian e-commerce menurut...
A. Sunarto
B. Munir Fuady
C. Loudon
D. Mark Van Ketel dan Tim Nelson
E. David Baum
- Berikut ini yang bukan
merupakan karakteristik dari business to business dalam e-commerce, yaitu
.
- trading partners yang
sudah saling mengetahui dan antara mereka sudah terjalin hubungan yang
berlangsung cukup lama
- pertukaran data dilakukan
secara berulang-ulang dan berkala dengan format data yang telah
disepakati bersama
- salah satu pelaku tidak
harus menunggu rekan mereka lainnya untuk mengirimkan data
- model yang umum digunakan
adalah peer to peer, di mana processing intelligence dapat
didistribusikan di kedua pelaku bisnis
- sering dilakukan sistem
pendekatan client-server
- Suatu usaha dari
perusahaan untuk menjalin hubungan interaktif dengan pelanggan atau
konsumen yang telah dimilikinya disebut ....
- vendors management
- i-market
- customer care
- e-commerce
- extended supply chain
- Suatu tempat atau arena di
dunia maya di mana calon pembeli dan penjual saling bertemu untuk
melakukan transaksi secara elektronik melalui media internet, yaitu
- e-commerce
- e-advertising
- e-business
- i-market
- customer care
- Berikut ini yang merupakan
tujuan dari e-commerce adalah..
- perusahaan dapat lebih
efisien dan efektif dalam meningkatkan keuntungannya
- perusahaan dapat
memproduksi produk
- agar konsumen dapat
bertatap muka dengan pemasar
- untuk menambah persaingan
- untuk menumpuk produk
barang
- Berikut ini merupakan
manfaat dari e-commerce dalam sebuah perusahaan sebagai suatu sistem
transaksi, kecuali ...
- dapat meningkatkan market
exposure
- melebarkan jangkauan
- meningkatkan customer
loyalty
- meningkatkan supply
management
- meningkatkan biaya
operasional
- Bisnis yang dilakukan oleh
orang atau pihak yang saling memiliki kepentingan bisnis, di mana kedua
belah pihak saling mengenal dan saling mengetahui proses bisnis yang
mereka lakukan satu sama lain, disebut dengan e-commerce ..
- Business to Business
(B2B)
- Business to Consumer
(B2C)
- Consumen to Consumen
(C2C)
- Cosumer to Busness (C2B)
- Business to
Administration (B2A)
- Transaksi online dapat
diakses oleh semua orang di dunia tidak terbatas tempat dan waktu.
Merupakan manfaat E-commerce, yaitu..
- market exposure
- operating cost
- global reach
- customer loyaly
- supply management
- Bentuk saluran pemasaran
dengan iklan yang dapat mengirim pesan teks, video, dan slīdeshow gambar
dari produk, dalam mobile marketing disebut.
A. Multimedia Message Service (MMS)
B. Game mobile marketing
C. Mobile web marketing
D. Pemasaran via bluetooth dan infrared
E. Mobile marketing melalui kode quick response
- Aplikasi akses internet
atau akses internet menggunakan peralatan yang bersifat mobile berbasiskan
browser yang bertujuan untuk mengakses layanan wireless dengan menggunakan
perangkat mobile seperti handphone, disebut dengan.
A. e-business
B. mobile marketing
C. e-commerce
D. e-marketing
E. mobile web
- Fungsi mobile marketing
salah satunya adalah mendorong terjadinya perdagangan atau mendorong end
customer untuk membeli produk atau jasa yang disebut ...
A. mobile marketing
B. mobile advertising
C. mobile sales promotion
D. mobile direct marketing
E. customer relation management
- Berikut ini yang bukan merupakan
fungsi penting mobile marketing adalah ..
A. mobile advertising
B. mobile direct marketing
C. mobile sales promotion
D. mobile customer relation management
E. mobile web marketing
- Aktivitas komunikasi
pemasaran yang digunakan untuk mendorong terjadinya perdagangan atau
mendorong end customer untuk membeli produk atau jasa, atau melakukan
tindakan tertentu akibat dari bertambahnya nilai dari persepsi terhadap
produk yang sedang dipromosikan disebut ...
A. mobile marketing
B. sales promotion
C. direct marketing
D. e-business
E. customer relation management
- Salah satu fungsi penting
mobile marketing yang berhubungan dengan komunikasi langsung dengan
segmentasi konsumen tertentu untuk mendapatkan reaksi langsung dari
konsumen dan untuk mendapatkan loyalitas pelanggan adalah fungsi mobile
...
A. advertising
B. direct marketing
C. marketing
D. customer relation management
E. sales promotion
- Berikut ini yang bukan
merupakan karakteristik dari perangkat mobile adalah
A. ukurannya kecil
B. memori yang tidak terbatas
C. konsumsi daya yang rendah
D. masa hidup pendek
E. konektivitas yang terbatas
- Perangkat mobile memiliki
bandwith rendah, beberapa dari mereka bahkan tidak tersambung, dan
kebanyakan dari mereka menggunakan wireless. Hal ini merupakan
karakteristik perangkat mobile yang disebut ...
A. masa hidup yang pendek
B. kuat dan dapat diandalkan
C. konektivitas yang terbatas
D. ukurannya yang kecil
E. daya proses yang terbatas
- Aplikasi akses intemet
atau akses internet menggunakan peralatan yang bersifat mobile berbasiskan
browser yang bertujuan untuk mengakses layanan data secara wireless dengan
menggunakan perangkat mobile seperti handphone, PDA, dan perangkat
portable yang tersambung ke sebuah jaringan telekomunikasi seluler, yaitu
A. mobile marketing
B. mobile aplikasi
C. mobile web
D. mobile advertising
E. e-commerce
- Berikut ini pernyataan
yang tepat mengenai kekurangan mobile web adalah ..
A. pengguna
mobile web harus memiliki dua buah domain dan bila ada gangguan atau masalah,
maka akan rumit dalam memperbaikinya
B. dalam
mobile aplikasi tidak selalu bisa atau sangat jarang bisa dioperasikan ketika
pengguna sedang online
C. ada
beberapa macam aplikasi yang tidak bisa digunakan pada platform IOS lain
D. biaya
pengembangannya jauh lebih mahal jika dibandingkan dengan mobile web
E.
mobile aplikasi mengharuskan adanya persetujuan dan
pembatasan konten yang berlaku pada tiap toko aplikasi
PETUNJUK KHUSUS :
Untuk soal nomor 1 – 5 adalah Soal Uraian.
Jawablah soal-soal di bawah ini dengan benar!
- Sebutkan empat faktor yang
memengaruhi strategi pemasaran dalam e-commerce!
- Sebutkan karakteristik
bisnis ke konsumen dalam e-commerce!
- Apa saja keuntungan e-commerce
bagi produsen?
- Jelaskan tentang prinsip
security dalam sistem e-commerce!
- Jelaskan mengenai strategi
pemasaran berdasarkan media yaitu penggunaan blog!
NO |
KUNCI |
NO |
KUNCI |
1 |
E |
11 |
A |
2 |
B |
12 |
E |
3 |
A |
13 |
C |
4 |
E |
14 |
E |
5 |
C |
15 |
B |
6 |
D |
16 |
B |
7 |
A |
17 |
B |
8 |
E |
18 |
C |
9 |
B |
19 |
C |
10 |
C |
20 |
A |
NO |
KUNCI |
1 |
1.
Daur hidup produk 2.
Posisi persaingan perusahaan di pasar yang
memanfaatkan e-commerce 3.
Situasi ekonomi 4.
Penggunaan media online |
2 |
1) Terbuka untuk umum, di mana informasi disebarkan secara umum. 2) Servis yang digunakan juga bersifat umum, sehingga dapat digunakan
oleh orang banyak. 3) Servis yang digunakan berdasarkan permintaan. 4) Sering dilakukan sistem pendekatan client-server. |
3 |
a. Memberikan kesempatan kepada produsen untuk meningkatkan pemasaran
produk/servisnya secara global. b. Mengurangi penggunaan kertas di berbagai aktivitas mulai dari tahapan
desain, produksi, pengepakan, pengiriman, distribusi hingga marketing. C. Mengurangi waktu delay dari pengiriman dan penyimpanan karena antara
sistem produksi, pengepakan, penyimpanan, dan distribusi terkoneksi secara
online. d. Membantu perusahaan-perusahaan yang memproduksi produk/servis yang
sangat spesifik yang tidak dapat dipasarkan dalam bisnis secara fisik, karena
keterbatasan konsumen, tempat dan biaya promosi yang tinggi. e. Mengurangi waktu dan biaya promosi dari produk/service yang dipasarkan
karena tersedianya informasi secara menyeluruh di internet sepanjang waktu. |
4 |
Dalam prinsp ini data atau informasi yang berhubungan dengan hal-hal sensitif semacam nomor kartu kredit dan
password tidak boleh sampai
dicuri oleh yang tidak berhak, karena dapat disalahgunakan di kemudian hari. |
5 |
Menulis dan blogging dengan kekhususan informasi adalah salah satu
strategi pemasaran e-commerce yang paling efektif yang akan menghasilkan
banyak lalu lintas yang ditargetkan dan prospek yang berkualitas. Menulis
diblog secara teratur, dan meyediakan konten yang unik dan berguna untuk
pembaca. Dengan cara ini, perusahaan akan mampu membangun mailing list setia
untuk mempromosikan dan menjual produk yang ada serta menawarkan produk baru. |
0 comments:
Posting Komentar