- Berikut yang bukan
merupakan ciri-ciri pasar, yaitu ….
- Terdapat lokasi yang
tetap
- Adanya calon pembeli dan
penjual
- Adanya proses permintaan
dan penawaran
- Adanya interaksi pembeli
dan penjual
- Adanya barang dan jasa
yang diperjualbelikan
- Suatu pasar dimana
proses jual beli tidak dilakukan secara langsung, tetapi hanya menggunakan
surat dagang saja disebut pasar …
- Abstrak
- Nyata
- Tradisional
- Modern
- Konsumsi
- Suatu pasar yang
memungkinkan penjual dan pembeli melakukan tawar menawar secara langsung,
yaitu pasar …
- Tradisional
- Modern
- Abstrak
- Produksi
- Konkret
- Berikut yang merupakan
jenis pasar berdasarkan strukturnya, yaitu …
- Persaingan tidak sempurna
- Abstrak
- Harian
- Konsumsi
- Konkret
- Pameran pembangunan dan
pekan raya Jakarta merupakan jenis pasar …
- Tahunan
- Mingguan
- Musiman
- Bulanan
- Harian
- Jenis pasar yang
memungkinkan transaksi dengan berbagai Negara di dunia disebut pasar …
- Internasional
- Daerah
- Local
- Nasional
- Interlokal
- Jumlah produsen dalam
pasar sangat banyak sehingga akan sulit melakukan persaingan dengan cara
yang tidak sehat, merupakan kelebihan pasar …
- Persaingan sempurna
- Monopolistic
- Monopoli
- Persaingan tidak sempurna
- Oligopoly
- Sebuah kondisi atau
keadaan yang terjadi di pasar, yang mana pasar tersebut hanya memiliki
satu pedagang saja, sehingga pedagang tersebutlah yang berkuasa serta
menjadi penentu dari harga barang yang dijualnya di sebut pasar …
- Monopoli
- Monopsony
- Oligopoly
- Oligopsoni
- Monopolistic
- Keinginan akan produk
spesifik yang didukung oleh kemampuan dan keadilan untuk membelinya
disebut …
A.
Permintaan
B.
Penawaran
C.
Keinginan
D.
Kebutuhan
E.
Pembelian
- Organisasi-organisasi
yang membeli produk dan jasa yang dibutuhkan disebut pasar …
- Industry
- Internasional
- Konsumen
- Penjual kembali
- Pemerintah
- Barang-barang dan jasa
yang diproduksi oleh perusahaan, berdasarkan analisis pasar meliputi .....
- Jenis dan merk barang
- Kuantitas dan output
barang
- Warna dan berat barang
- Merek dan persediaan
barang
- Desain dan model barang
- PT. PLN merupakan
perusahaan dibidang pelayanan masyarakat dalam memenuhi kebutuhan
penerangan dan tegangan listrik yang mempunyai kekuasaan dalam pembentukan
harga produk yang dijual. SEBAB PT. PLN termasuk perusahaan yang mempunyai
sifat pembentukan harga berdasarkan pasar monopsony
Dari pernyataan diatas pilihlah jawaban yang benar!
- Jika pernyataan betul,
alasan betul dan keduanya menunjukan hubungan sebab akibat
- Jika pernyataan betul dan
alasan betul, tetapi keduanya tidak mempunyai hubungan sebab akibat.
- Jika pernyataan betul dan
alasan salah
- Jika pernyataan salah dan
alasan betul
- Jika pernyataan dan alasan
keduanya salah
- Perusahaan dapat
berkembang dengan cepat karena tidak adanya pesaing, merupakan kelebihan
pasar ....
- Persaingan sempurna
- Persaingan tidak sempurna
- Persaingan monopolistic
- Persaingan monopolistik
- Oligopoli
- Aqua memiliki pasar di
seluruh wilayah Indonesia. Tidak hanya di perkotaan, tapi juga pinggiran
kota, bahkan pedesaan selain itu juga Aqua menargetkan orang-orang di
semua kalangan dan jenis kelamin. Berdasarkan pernyataan tersebut Aqua
termasuk dasar segmentasi pasar .....
- Geografis dan Psikografis
- Geografis dan Demografis
- Demo grafis dan
Psikografis
- Demo grafis dan Perilaku
- Geografis dan Perilaku
- Pada era global saat ini
seringkali terjadi kegiatan transaksi barang atau jasa antara penjual dan
pembeli hanya melalui telepon, ataupun internet berdasarkan fakta diatas
merupakan contoh pasar .....
- Konkret
- Mingguan
- Abstrak
- Barang konsumsi
- Harian
- Pasar yang pembentukan
harganya ditentukan oleh persaingan antara permintaan dan penawaran
disebut
- Pasar persaingan sempurna
- Pasar persaingan tidak
sempurna
- Pasar persaingan
- Pasar monopoli
- Pasar oligopoly
- Kegiatan pengelompokkan
pasar berdasarkan kelompok yang homogen di dalam suatu pasar tertentu
merupakan pengertiandari .....
- Analisis pasar
- Segmentasi pasar
- Marketing mix
- Karakteristik pasar
- Riset pasar
- Perusahaan Sari Roti
adalah perusahaan yang memproduksi produk makanan jenis roti dan mempunyai
banyak varian rasa, ada roti rasa coklat, keju, kacang, blueberry. Lalu
perusahaan tersebut akan menambah varian rasa jeruk dan produk tersebut
akan diperkenalkan kekonsumen dengan cara oles-oles gratis secara langsung
di pasar, maka perusahaan tersebut memakai pasar sebagai fungsi .....
- Fungsi penyerapan tenaga
kerja
- Fungsi penetapan harga
- Fungsi distribusi
- Fungsi nilaijual
- Fungsi promosi
- Manager pemasaran
sebelum mengambil suatu keputusan tentang produk yang akan dipasarkan oleh
perusahaan, diawali dengan adanya .....
- Mendata jumlah penduduk
- Mengurus surat ijin usaha
- Promosi penjualan
- Mengadakan pasar malam
- Analisis pasar
- Suatu perkiraan
kapasitas dari suatu pasar untuk diserap oleh konsumen berupa barang atau
jasa adalah pengertian dari .....
- Riset pasar
- Target pasar
- Potensi pasar
- Segmentasi pasar
- Analisis pasar
URAIAN
1.
Jelaskan jenis-jenis pasar berdasarkan cara
transaksinya!
2.
Sebutkan tujuan analisis pasar!
3.
Sebutkan 9 Elemen BMC!
4.
Sebutkan keuntungan yang didapatkan dari
analisis pasar bagi perusahaan !
5.
Sebutkan empat perilaku pembelian konsumen
menurut Henry Assel!
S
NO |
KUNCI |
NO |
KUNCI |
1 |
A |
11 |
E |
2 |
A |
12 |
C |
3 |
A |
13 |
B |
4 |
A |
14 |
B |
5 |
A |
15 |
C |
6 |
A |
16 |
A |
7 |
A |
17 |
B |
8 |
A |
18 |
E |
9 |
A |
19 |
E |
10 |
A |
20 |
E |
NO |
KUNCI |
1 |
a. Pasar
tradisional adalah pasar yang bersifat tradisional, di mana para pembeli dan
penjual bisa saling tawar-menawar secara langsung. Berbagai jenis barang yang
diperjualbelikan ialah barang-barang kebutuhan pokok sehari-hari. b. Pasar
modern adalah sebuah pasar yang bersifat modern, di mana terdapat berbagai
macam barang yang diperjualbelikan dengan harga yang telah pas dengan
layangan yang mandiri. Tempat berlangsungnya pasar modern seperti di plaza,
mall, dan tempat-tempat yang lainnya. |
2 |
a. Mengenal
lingkungan pasar. b. Mengenal
tipe-tipe pasar. c. Mengetahui
karakteristik pasar. d. Menentukan
keputusan yang tepat. e. Menghadapi
para pesaing. f.
Melaksanakan kebijakan dalam pemasaran. g. Membuat
program dalam bidang pemasaran. h. Mengenal
ciri-ciri pasar. |
3 |
Business
Model Canvas (BMC) memiliki sembilan elemen yang terdiri dari customer
segments, value propositions, channels, customer relation, revenue streams,
key resources, key activities, key partners, dan cost structure |
4 |
a. Perusahaan
dapat meningkatkan omzet penjualan barangnya. b. Perusahaan
akan memperoleh keuntungan yang diharapkan. c. Perusahaan
dapat meningkatkan produksinya. d.
Barang-barang perusahaan yang bersangkutan akan menjadi terkenal. e. Hasil
produksi perusahaan akan digemari konsumennya. f. Perusahaan
dapat mempertahankan kelangsungan hidupnya. |
5 |
a. Perilaku
pembelian kompleks. b. Perilaku
pembelian pengurangan disonansi. c. Perilaku
pembelian kebiasaan. d. Perilaku
pembelian pencarian variasi. |
0 comments:
Posting Komentar