Sabtu, 26 November 2022

SOAL PAS MARKETING X GANJIL BDP SMK

 

  1. Berikut yang bukan merupakan ciri-ciri pasar, yaitu ….
  1. Terdapat lokasi yang tetap
  2. Adanya calon pembeli dan penjual
  3. Adanya proses permintaan dan penawaran
  4. Adanya interaksi pembeli dan penjual
  5. Adanya barang dan jasa yang diperjualbelikan
  1. Suatu pasar dimana proses jual beli tidak dilakukan secara langsung, tetapi hanya menggunakan surat dagang saja disebut pasar …
  1. Abstrak
  2. Nyata
  3. Tradisional
  4. Modern
  5. Konsumsi
  1. Suatu pasar yang memungkinkan penjual dan pembeli melakukan tawar menawar secara langsung, yaitu pasar …
  1. Tradisional
  2. Modern
  3. Abstrak
  4. Produksi
  5. Konkret
  1. Berikut yang merupakan jenis pasar berdasarkan strukturnya, yaitu …
  1. Persaingan tidak sempurna
  2. Abstrak
  3. Harian
  4. Konsumsi
  5. Konkret
  1. Pameran pembangunan dan pekan raya Jakarta merupakan jenis pasar …
  1. Tahunan
  2. Mingguan
  3. Musiman
  4. Bulanan
  5. Harian
  1. Jenis pasar yang memungkinkan transaksi dengan berbagai Negara di dunia disebut pasar …
  1. Internasional
  2. Daerah
  3. Local
  4. Nasional
  5. Interlokal
  1. Jumlah produsen dalam pasar sangat banyak sehingga akan sulit melakukan persaingan dengan cara yang tidak sehat, merupakan kelebihan pasar …
  1. Persaingan sempurna
  2. Monopolistic
  3. Monopoli
  4. Persaingan tidak sempurna
  5. Oligopoly
  1. Sebuah kondisi atau keadaan yang terjadi di pasar, yang mana pasar tersebut hanya memiliki satu pedagang saja, sehingga pedagang tersebutlah yang berkuasa serta menjadi penentu dari harga barang yang dijualnya di sebut pasar …
  1. Monopoli
  2. Monopsony
  3. Oligopoly
  4. Oligopsoni
  5. Monopolistic
  1. Keinginan akan produk spesifik yang didukung oleh kemampuan dan keadilan untuk membelinya disebut …

A.      Permintaan

B.      Penawaran

C.      Keinginan

D.      Kebutuhan

E.       Pembelian

  1. Organisasi-organisasi yang membeli produk dan jasa yang dibutuhkan disebut pasar …
  1. Industry
  2. Internasional
  3. Konsumen
  4. Penjual kembali
  5. Pemerintah
  1. Barang-barang dan jasa yang diproduksi oleh perusahaan, berdasarkan analisis pasar meliputi .....
  1. Jenis dan merk barang
  2. Kuantitas dan output barang
  3. Warna dan berat barang
  4. Merek dan persediaan barang
  5. Desain dan model barang
  1. PT. PLN merupakan perusahaan dibidang pelayanan masyarakat dalam memenuhi kebutuhan penerangan dan tegangan listrik yang mempunyai kekuasaan dalam pembentukan harga produk yang dijual. SEBAB PT. PLN termasuk perusahaan yang mempunyai sifat pembentukan harga berdasarkan pasar monopsony

Dari pernyataan diatas pilihlah jawaban yang benar!

  1. Jika pernyataan betul, alasan betul dan keduanya menunjukan hubungan sebab akibat
  2. Jika pernyataan betul dan alasan betul, tetapi keduanya tidak mempunyai hubungan sebab akibat.
  3. Jika pernyataan betul dan alasan salah
  4. Jika pernyataan salah dan alasan betul
  5. Jika pernyataan dan alasan keduanya salah
  1. Perusahaan dapat berkembang dengan cepat karena tidak adanya pesaing, merupakan kelebihan pasar ....
  1. Persaingan sempurna
  2. Persaingan tidak sempurna
  3. Persaingan monopolistic
  4. Persaingan monopolistik
  5. Oligopoli
  1. Aqua memiliki pasar di seluruh wilayah Indonesia. Tidak hanya di perkotaan, tapi juga pinggiran kota, bahkan pedesaan selain itu juga Aqua menargetkan orang-orang di semua kalangan dan jenis kelamin. Berdasarkan pernyataan tersebut Aqua termasuk dasar segmentasi pasar .....
  1. Geografis dan Psikografis
  2. Geografis dan Demografis
  3. Demo grafis dan Psikografis
  4. Demo grafis dan Perilaku
  5. Geografis dan Perilaku
  1. Pada era global saat ini seringkali terjadi kegiatan transaksi barang atau jasa antara penjual dan pembeli hanya melalui telepon, ataupun internet berdasarkan fakta diatas merupakan contoh pasar .....
  1. Konkret
  2. Mingguan
  3. Abstrak
  4. Barang konsumsi
  5. Harian
  1. Pasar yang pembentukan harganya ditentukan oleh persaingan antara permintaan dan penawaran disebut
  1. Pasar persaingan sempurna
  2. Pasar persaingan tidak sempurna
  3. Pasar persaingan
  4. Pasar monopoli
  5. Pasar oligopoly
  1. Kegiatan pengelompokkan pasar berdasarkan kelompok yang homogen di dalam suatu pasar tertentu merupakan pengertiandari .....
  1. Analisis pasar
  2. Segmentasi pasar
  3. Marketing mix
  4. Karakteristik pasar
  5. Riset pasar
  1. Perusahaan Sari Roti adalah perusahaan yang memproduksi produk makanan jenis roti dan mempunyai banyak varian rasa, ada roti rasa coklat, keju, kacang, blueberry. Lalu perusahaan tersebut akan menambah varian rasa jeruk dan produk tersebut akan diperkenalkan kekonsumen dengan cara oles-oles gratis secara langsung di pasar, maka perusahaan tersebut memakai pasar sebagai fungsi .....
  1. Fungsi penyerapan tenaga kerja
  2. Fungsi penetapan harga
  3. Fungsi distribusi
  4. Fungsi nilaijual
  5. Fungsi promosi
  1. Manager pemasaran sebelum mengambil suatu keputusan tentang produk yang akan dipasarkan oleh perusahaan, diawali dengan adanya .....
  1. Mendata jumlah penduduk
  2. Mengurus surat ijin usaha
  3. Promosi penjualan
  4. Mengadakan pasar malam
  5. Analisis pasar
  1. Suatu perkiraan kapasitas dari suatu pasar untuk diserap oleh konsumen berupa barang atau jasa adalah pengertian dari .....
  1. Riset pasar
  2. Target pasar
  3. Potensi pasar
  4. Segmentasi pasar
  5. Analisis pasar

 

URAIAN

1.       Jelaskan jenis-jenis pasar berdasarkan cara transaksinya!

2.       Sebutkan tujuan analisis pasar!

3.       Sebutkan 9 Elemen BMC!

4.       Sebutkan keuntungan yang didapatkan dari analisis pasar bagi perusahaan !

5.       Sebutkan empat perilaku pembelian konsumen menurut Henry Assel!

S 

NO

KUNCI

NO

KUNCI

1

A

11

E

2

A

12

C

3

A

13

B

4

A

14

B

5

A

15

C

6

A

16

A

7

A

17

B

8

A

18

E

9

A

19

E

10

A

20

E

 

 

 

NO

KUNCI

1

a. Pasar tradisional adalah pasar yang bersifat tradisional, di mana para pembeli dan penjual bisa saling tawar-menawar secara langsung. Berbagai jenis barang yang diperjualbelikan ialah barang-barang kebutuhan pokok sehari-hari.

b. Pasar modern adalah sebuah pasar yang bersifat modern, di mana terdapat berbagai macam barang yang diperjualbelikan dengan harga yang telah pas dengan layangan yang mandiri. Tempat berlangsungnya pasar modern seperti di plaza, mall, dan tempat-tempat yang lainnya.

2

a. Mengenal lingkungan pasar.

b. Mengenal tipe-tipe pasar.

c. Mengetahui karakteristik pasar.

d. Menentukan keputusan yang tepat.

e. Menghadapi para pesaing.

f. Melaksanakan kebijakan dalam pemasaran.

g. Membuat program dalam bidang pemasaran.

h. Mengenal ciri-ciri pasar.

3

Business Model Canvas (BMC) memiliki sembilan elemen yang terdiri dari customer segments, value propositions, channels, customer relation, revenue streams, key resources, key activities, key partners, dan cost structure

4

a. Perusahaan dapat meningkatkan omzet penjualan barangnya.

b. Perusahaan akan memperoleh keuntungan yang diharapkan.

c. Perusahaan dapat meningkatkan produksinya.

d. Barang-barang perusahaan yang bersangkutan akan menjadi terkenal.

e. Hasil produksi perusahaan akan digemari konsumennya.

f. Perusahaan dapat mempertahankan kelangsungan hidupnya.

5

a. Perilaku pembelian kompleks.

b. Perilaku pembelian pengurangan disonansi.

c. Perilaku pembelian kebiasaan.

d. Perilaku pembelian pencarian variasi.




0 comments:

Posting Komentar