STRATEGI
PELAKSANAAN
WORKSHOP
TEFA
Workshop Koordinasi
Stakeholders Pengembangan Teaching Factory (TEFA) Tahun 2015 dilakukan sebagai berikut.
1.
Kerja kelompok berdasarkan rencana pengembangan TEFA
yang sejenis.Kerja kelompok menyusun
rencana usaha dan rencana implementasi sesuai format di bawah ini.
2.
Presentasi hasil kerja kelompok.
3.
Penugasan individual (per sekolah) untuk
diselesaikan di sekolah masing-masing.
4.
Pelaporan dan penilaian terkait tugas untuk menilai kelayakan rancangan TEFA. Dinilai saat kunjungan pendampingan, sekaligus
penyempurnaan.
BAB II
PETUNJUK TEKNIS
PENGEMBANGAN
TEFA
Kegiatan Teaching Factory
dan techno park yang akan dilaksanakan oleh sekolah melalui proses analisis
kondisi dan potensi. Adapun analisis kondisi dan potensi sekolah saat ini dan
yang akan datang dikembangkan oleh sekolah dengan membuat prioritas yang akan
diproduksi dalam TF dan TP.
1. Analisis Kondisi dan Potensi
Menginventarisir kondisi
lingkungan sekolah dengan mengelompokkan kondisi internal dan eksternal. Kekuatan,
peluang, kelemahan dan tantangan yang dialami sekolah saat ini untuk menentukan
prioritas pilihan proses produksi yang dipilih dalam TF dan TP.
Aspek-aspek internal dalam
analisa kondisi sekolah diantaranya Kurikulum, Sumber daya manusia, Fasilitas,
Pembiayaan, Manajemen. Adapun aspek eksternal meliputi Potensi Daerah,dan
Mitra Industri Sekolah.
a. Kurikulum
Yang dilakukan disekolah saat ini dan yang akan dikembangkan ke depan
sesuai dengan renstra. Melakukan sinkronisasi kurikulum dengan industri.
b. Sumber Daya Manusia
Sumber daya Manusia Sekolah dan mitra industri pasangan sekolah yang akan
dijadikan team proses produksi TF dan TP
c. Fasilitas
Fasilitas yang dimiliki di sekolah sebagai fasilitas penunjang dalam TF
dan TP
d. Pembiayaan
Pembiayaan proses pembelajaran dan proses produksi TF dan TP untuk
efisiensi anggaran (RAPBS/RKAS)
e. Manajemen
Pengelolaan SDA dan SDM untuk proses pembelajaran dan proses produksi TF
dan TP yang telah dilakukan saat ini akan menghasilkan produk sesuai dengan
kebutuhan pasar.
f. Potensi Daerah
Mapping potensi daerah atau potensi masyarakat yang bisa dijadikan data
penunjang untuk melakukan program dari TF dan TP.
g. Mitra industri Sekolah
Menginventarisir mitra industri yang akan menjadi pendamping proses
produksi dari TF dan TP.
Adapun format inventarisir
kondisi dan potensi dapat dilakukan seperti contoh dibawah ini:
2.
Analisis Kondisi dan Potensi
Aspek |
Kondisi Saat Ini |
Potensi Usaha yang Dapat Dikembangkan |
|||
Kekuatan |
Kelemahan |
Peluang |
Ancaman/ Tantangan |
||
1.
Kurikulum |
|
|
|
|
|
2.
Sumber Daya Manusia |
|
|
|
|
|
3.
Fasilitas |
|
|
|
|
|
4.
Pembiayaan |
|
|
|
|
|
5.
Manajemen |
|
|
|
|
|
6.
Potensi Daerah |
|
|
|
|
|
7.
Mitra Industri |
|
|
|
|
|
Penjelasan:
a. Aspek diisi dengan parameter Teaching Factory
b. Kondisi saat ini : diisi dengan kekuatan, kelemahan, peluang dan
ancaman yang ada saat ini
c.
Potensi:
diisi dengan aspek yang kemungkinan dapat dikembangkan kedepan dengan melihat
kondisi saat ini.
2. Penyesuaian Kondisi
Penyesuaian kondisi berisi
potensi usaha yang dapat dikembangkan, prioritas usaha dan Langkah kerja usaha.
Potensi Usaha
yang dapat dikembangakan
antara lain meliputi bidang:
1.
Teknologi Industri
2.
Bisnis Manajemen
3.
Pariwisata
4.
Seni dan Kria
5.
Pertanian
6.
Perikanan
7.
Teknologi Informasi
8.
Teknologi Kesehatan dll...?????
Prioritas Usaha
Setiap sekolah harus menganalisis tentang kekuatan/kemampuan
dalam memilih usaha dengan mempertimbangkan kurikulum, SDM, Fasilitas,
Pembiayaan, Potensi Daerah dan Mitra Industri.sehingga bisa menentukan prioritas usaha
apa yang akan dikembangkan.
Langkah Kerja Usaha
Langkah kerja usaha meliputi
1. Manajemen Teaching Factory |
2. Bengkel-Lab |
3. Pola Pembelajaran - Training |
4. Marketing – Promosi Teaching Factory |
5. Produk – Jasa |
6. Sumber Daya Manusia Pengelola Teaching Factory |
7. Hubungan Industri |
Pengisian format
Potensi Usaha yang Dapat Dikembangkan |
Prioritas Usaha |
LangkahKerja Usaha |
|
|
|
Penjelasan:
a.
Potensi
usaha diturunkan dari format 1.
b.
Prioritas
usaha di isi dengan memilih
dari beberapa potensi usaha 1
c.
Langkah kerja diisi dengan langkah-langkah
yang dilakukan pada waktu memulai usaha
3.
AnalisisKurikulumBerbasisTEFA
Prioritas Usaha/ Produk |
Jenis Produk |
Uraian Pekerjaan |
Kompetensi Dasar yang Dibutuhkan |
Mata Pelajaran |
Kelas |
Kompetensi Keahlian |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Petunjuk pengisian kolom :
1.
Usaha dan produk yang diprioritaskan (produk
unggulan)
2.
Spesifikasi/jenis produk yang dihasilkan berdasarkan
pesenan/order
3.
Proses pengerjaan produk/jasa yang dihasilkan
4.
Diisi dengan kompetensi dasar yang dibutuhkan dalam
proses pengerjaan produk/jasa
5.
Diisi dengan mata pelajaran yang berkaitan dengan KD
6.
Diisi dengan kelas dimana KD tersebut diajarkan atau
dibutuhkan
7.
Diisi sesuai dengan paket keahlian dimana mata
pelajaran terkait
4.
Proses Bisnis dan Pembelajaran (Rencana kegiatan usaha melalui TEFA)
a.
Analisis Kompetensi Dasar dan Aktifitas Belajar Siswa
Uraian Pekerjaan |
Kompetensi Dasar
yang Dibutuhkan |
Aktifitas Peserta Didik |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Petunjuk Pengisian :
Kolom 1:Uraian Pekerjaan diisi dengan Pekerjaan Produksi
perkomponen pekerjaan
Kolom 2: Kompetensi dasar diisi dengan kompetensi yang
dibutuhkan untuk membuat produk/jasa
Kolom 3 : Kompetensi Yang ada Dikurikulum diisi dengan
Kurikulum yang berlaku sesuai pekerjaan
Kolom 4 : Aktifitas Peserta Didik diisi dengan Kegiatan
yang dilakukan oleh Siswa selama produksi
5. Pelaksanaan Program
a. Realisasi TEFA
Pesanan |
Analisis Pekerjaan |
Kelayakan Pekerjaan |
Pelaksanaan Pekerjaan |
Kendali Mutu |
Penyerahan Produk |
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
PetunjukPengisian
Kolom 1 : Jenis
pekerjaan (barang/Jasa)
Kolom
2 : Alat
dan bahan, jumlah, harga, waktu, sdm
Kolom
3 : Layak/tidak
layak disertai alasan
Kolom 4
: Sesuai dengan aktifitas yang
direncanakan ( form 4b )
Kolom 5
: Pekerjaan sesuai standar/pesanan
Kolom 6
: Bukti fisik serah terima sesuai SOP
Non Pesanan |
Analisis Pekerjaan |
Pelaksanaan Pekerjaan |
Kendali Mutu |
Pemasaran |
Penyerahan Produk |
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Petunjuk
Pengisian
Kolom 1 :Jenis
pekerjaan (barang/Jasa)
Kolom 2 :Pasar,
Alat dan bahan, jumlah, harga, waktu, sdm,
Kolom 3 :Sesuai
dengan aktifitas yang direncanakan ( form 4b )
Kolom 4 :Pekerjaan
sesuai standar
Kolom 5 :Display, on-line / off-line, media lain yang
relevan
Kolom 6 :Bukti
fisik serah terima sesuai SOP
b. Layananpurnajual
(jika diperlukan)
Nama Produk/Jasa |
Jenis Produk/Jasa |
Bentuk Layanan
Purna Jual |
1 |
2 |
3 |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Petunjuk
Pengisian
Kolom 1:Sesuai
produk/Jasa (contoh : Busana/servis sepeda motor)
Kolom 2:Sesuai
Jenis produk/Jasa (contoh : Kerudung/servis ringan)
Kolom 3:Garansi
Jenis produk/Jasa (contoh : perbaikan atau penggantian/masa garansi)
Evaluasi Implementasi TEFA
Aspek |
Kondisi Ideal |
1.
Proses Pembelajaran |
1.
Pelatihan yang dilaksanakan sudah berbasis
kompetensi dan produksi mengacu pada Kurikulum 2013 dan atau Kurikulum 2006 2.
Keterlibatan guru dan siswa secara penuh dalam
kegiatan teaching factory 3.
Adanya sinkrnosasi kurikulum sekolah dengan
industri 4.
Proses pembelajaran berbasis kewirausahaan |
2.
Pengaturan Waktu Pembelajaran |
1.
Terintegrasi dengan jadwal pembelajaran 2.
Tersedia jadwal produksi diluar jam pembelajaran 3.
Tersedia jadwal piket produksi 4.
Tersedia jadwal prakerin/magang di industri
pasangan pendamping TEFA |
3.
Ketercapaian Kompetensi Siswa |
1.
Kompetensi yang diperoleh siswa sudah sesuai
dengan kebutuhan industry 2.
Ketercapaian KKM atau KB 3.
Analisis kesesuaian kompetensi yang dibutuhkan 4.
Pemetaan kompetensi yang akan diterapkan di TEFA |
4.
Perencanaan Produksi |
1.
Analisis kondisi dan potensi 2.
Penyesuaian kondisi 3.
Analisis/penyesuaian kurikulum berbasis TEFA 4.
Rencana kegiatan berbasis TEFA |
5.
Pelaksanaan Produksi |
1.
Pelaksanaan pekerjaan 2.
Kendali mutu 3.
Layanan berkualitas dan tepat waktu 4.
Pelaksanaan produksi sesuai K3 dan GMP |
6.
Pemasaran |
1.
Marketing dan promotion plan 2.
Media komunikasi dan promosi untuk TEFA 3.
Jangkauan pasar 4.
Adanya pemetaan konsumen |
7.
Layanan Purna Jual |
1.
Adanya garansi 2.
Penyediaan suku cadang 3.
Pelayanan pemeliharaan dan perbaikan 4.
Fasilitas dan sarana purna jual |
8.
Kelembagaan |
1.
Legalitas Formal (SK) Pendirian Kepala Sekolah 2.
Adanya struktur organisasi dan jobdes 3.
Adanya Industri pendukung 4.
Sertifikat produk/jasa |
9.
Keuangan |
1.
Sumber dana TEFA Seperti APBN, APBD Prov, APBD Kota/Kab. Dan pihak
ketiga yang tidak mengikat 2.
Penerapan administrasi keuangan sesuai standard
keuangan, Seperti. Pajak, uang service kariyawan 3.
Transparansi laporan keuangan melalui rapat
laporan hasil keuangan secara rutin, bulanan, triwulan & semester, serta
tahunan 4.
Pemanfaatan keuangan TEFA untuk sepenuhnya
menunjang peningkatan proses pembelajaran seperti : a.
Pemanfaatan asset/alat/fasilita b.
Pembelian buku-buku referensi yang relefan dengan
TEFA c.
Pemilihan peralatan IT pendukung opresional TEFA d.
Kesejahteraan keluarga besar sekolah |
10.
SDM |
1.
Memiliki guru sebagai tenaga ahli produksi
standard industri 2.
Jumlah SDM terlatih di setiap usaha sudah memadai 3.
Distribusi pekerjaan dan kewenangan sesuai SOP 4.
Teamwork saling mendukung |
11.
Fasilitas |
1.
Memiliki peralatan yang sesuai 2.
Tata kola penggunaan alat 3.
Manajemen maintenance, repair dan kalibrasi 4.
Layout bengkel |
1. Intrumen
penilaian
NO |
INDIKATOR |
NILAI |
||||
4 |
3 |
2 |
1 |
0 |
||
1 |
Proses
Pembelajaran |
|
|
|
|
|
2 |
Pengaturan
Waktu Pembelajaran |
|
|
|
|
|
3 |
Ketercapaian
Kompetensi Siswa |
|
|
|
|
|
4 |
Perencanaan
Produksi |
|
|
|
|
|
5 |
Pelaksanaan
Produksi |
|
|
|
|
|
6 |
Pemasaran |
|
|
|
|
|
7 |
Layanan
Purna Jual |
|
|
|
|
|
8 |
Kelembagaan |
|
|
|
|
|
9 |
Keuangan |
|
|
|
|
|
10 |
SDM |
|
|
|
|
|
11 |
Fasilitas |
|
|
|
|
|
Keterangan
1. Memenuhi
Semua Indikator Yang Dipersyaratkan (Nilai 4)
2. Memenuhi
3 Indikator Yang Dipersyaratkan (Nilai 3)
3. Memenuhi
2 Indikator Yang Dipersyaratkan (Nilai 2)
4. Memenuhi
1 Indikator Yang Dipersyaratkan (Nilai 1)
5. Tidak
Memenuhi Semua Indikator Yang Dipersyaratkan (Nilai 0)
0 comments:
Posting Komentar