Kamis, 16 Maret 2023

Latihan Soal USPBK Tipe C C2 BDP SMK 2023

1. Berikut ini yang bukan merupakan tanggung jawab untuk Sales and Business Development Executive (perusahaan IT):

a. Menganalisa potensi wilayah /pasar baik yang sudah ada maupun yang baru

b. Melakukan penelitian sumber-sumber untuk mengembangkan calon pelanggan dan mencari informasi untuk menentukan potensi pasar yang baru

c. Melakukan kordinasi usaha penjualan dengan pemasaran, manajemen penjualan, akuntansi, logistik, dan layanan teknis

d. Bertanggung jawab terhadap kecepatan pelayanan dan kepuasan konsumen

e. Tidak ada jawaban yang benar

2 . Berikut ini merupakan tanggung jawab untuk supervisor sales, kecuali...

a. Mengkordinir tim penjualan, agar dapat meningkatkan tingkat penjualan dan apakah penjualan sesuai dengan target

b. Membantu tim sales dan memberikan pelatihan dalam mencari, melayani, dan mempertahankan konsumen

c. Membantu mengatasi permasalahan tim sales dan ikut melakukan atau mendampingi presentasi tim sales jika diperlukan

d. Bertanggung jawab untuk menjaga kebersihan area toko

e. Tidak ada jawaban yang benar

3. Berikut ini yang bukan merupakan tanggung jawab untuk pramuniaga adalah...

a. Mengkordinir tim penjualan, agar dapat meningkatkan tingkat penjualan dan apakah penjualan sesuai dengan target

b. Melayani pelanggan dengan excelent service dan melakukan upselling

c. Bertanggung jawab kepada kepuasan pelanggan

d. Menerima dan menyampaikan keluhan dan feedback dari customer kepada pihak MOD

e. Memasarkan produk dagang

4. Dibawah ini yang bukan merupakan pilihan pekerjaan dari lulus BDP adalah...

a. Telemarketing

b. Pramuniaga

c. Supervisor Sales

d. Digital Marketing Analys

e. Resepsionis

5. Berikut yang bukan merupakan keterampilan yang harus dimiliki oleh siswa dengan jurusan BDP?

a. Pelaksanaan Komunikasi Bisnis

b. Memahami Prinsip-Prinsip Bisnis

c. Memahami Perangkat Lunak

d. Menemukan Peluang Baru Dari Pelanggan

e. Menguasai Sistem Keuangan

6. Apa perbedaan jurusan pemasaran dan bisnis daring pemasaran (BDP)?

a. Pemasaran ditekankan pada sistem strategi marketing secara konvensional. Sementara BDP ditekankan juga pada sistem marketing melalui media daring

b. Pemasaran dan BDP memiliki persamaan yaitu sama-sama bergerak di bidang marketing

c. BDP bergerak pada perencanaan marketing. Sementara pemasaran bergerak pada penjualan secara langsung


d. Pemasaran mempelajari bagaimana strategi marketing secara online. Sementara BDP ditekankan pada sistem marketing secara konvensional


e. Tidak ada jawaban yang benar


 


7. Berikut ini yang bukan merupakan ciri khas dari jurusan Bisnis Daring dan Pemasaran:

a. Komunikasi Digital

b. Bisnis Online

c. Perencanaan Bisnis

d. Mengelola Keuangan

e. Mengelola Pertanian

8. Manakah yang merupakan definisi jurusan Bisnis Daring dan Pemasaran (BDP)?

a. Sebuah kompetensi keahlian yang mempelajari dasar -dasar kemampuan dan keilmuan menjadi seorang penjual

b. Sebuah kompetensi keahlian yang mempelajari bagaimana cara mengelola perusahaan

c. Sebuah kompetensi keahlian yang mempelajari dasar-dasar kemampuan dan keilmuan menjadi seorang marketing baik marketing secara konvensional maupun melalui media daring (online/internet).

d. Sebuah kompetensi keahlian yang mempelajari bagaimana cara mengolah data perusahaan

e. Tidak ada jawaban yang benar

 9. Salah satu keunggulan dari penggunaan SEO dalam pemasaran produk dan jasa secara online adalah...

a. Up-to date

b. Bebas biaya

c. Banyak piiihan fitur

d. Murah

e. Simple

10. Berikut ini yang merupakan contoh dari mesin pencari (search engine) adalah...

a. Yahoo Messenger

b. Web Whatsapp

c. Google

d. Youtube

e. Facebook Lite

11. Kemampuan yang harus dimiliki sebuah perusahaan atau bisnis perorangan agar produknya dapat mudah terlihat di mesin pencari adalah...

a. Hacking

b. SEO

c. Online marketing

d. Web design

e. Blogging

12. Data adalah...

a. Aplikasi dalam bentuk kumpulan informasi

b. Fakta dalam bentuk teks, gambar, video, dll

c. Sumber informasi yang dapat dipercaya

d. Kumpulan gambar - gambar terbaik

e. Kumpulan teks dan gambar

13. Komponen - kompone yang terdapat dalam bisnis online adalah ...

a. Data - software - money - network

b. Data - hardware - skill - network

c. Data - software - skill - network

d. Data - skill - knowledge - money

e. Data - money - software - hardware

14. Salah satu keuntungan implementasi distribusi (penyaluran barang) model daring adalah...

a. Pelanggan dapat melacak pesanan

b. Tanpa biaya kirim

c. Barang pasti tiba tepat waktu

d. Memiliki banyak kantor cabang

e. Konsumen selalu mendapat diskon

15. Menggunakan media online dalam komunikasi memiliki banyak keuntungan. Berikut ini yang BUKAN merupakan keuntungan dari media online adalah...

a. Biaya terjangkau

b. Bebas biaya

c. Mengutamakan konsumen

d. Informasi cepat sampai

e. Selalu up-to date

16. Berikut ini yang TIDAK TERMASUK implementasi dari komunikasi dua arah secara online adalah...

a. Penggunaan Facebook

b. Penggunaan Twitter

c. Melakukan chatting

d. Melakukan direct selling

e. Melakukan video call

17. Bisnis online akan lebih efektif jika didukung beberapa komponen. Berikut ini yang bukan komponen bisnis online adalah...

a. Sumber daya manusia

b. Infrastruktur

c. Keahlian

d. Pengetahuan aplikasi

e. Pengetahuan komputer

18. Bisnis online terbukti efektif digunakan perusahaan dan perorangan. Berikut ini yang tidak termasuk keuntungan dari bisnis online adalah ...

a. Meningkatkan laba perusahaan

b. Mendekatkan konsumen

c. Memudahkan konsumen

d. Mengeluarkan banyak modal

e. Meningkatkan pelayanan

19. Bisnis online memegang peranan penting dalam era teknologi informasi saat ini. Berikut ini yang termasuk cara bisnis online adalah melalui...

a. Media koran

b. Penyebaran brosur

c. Pemasangan spanduk

d. Media sosial

e. Katalog produk

20. penentuan harga di dunia offline memerhatikan banyak hal, demikian juga dalam bisnis online. Berikut ini yang BUKAN keuntungan penentuan harga di online adalah...

a. Update daftar harga lebih cepat

b. Update info harga cepat

c. Update harga produk efektif

d. Update data lambat

e. Update produk cepat

21. Proses pembuatan produk berkualitas dalam dunia nyata berbeda dengan proses pembuatan produk berkualitas dalam dunia daring. Adapun perbedaannya adalah...

a. Harga lebih mahal

b. Harga sangat murah

c. Harga relatif terjangkau

d. Harga mengikuti harga pasar

e. Harga mengikuti selera konsumen

22. Pemasaran di duni nyata memerhatikan Four Ps of Marketing demi efektiknya perusahaan mencapai tujuannya. Berikut ini yang BUKAN termasuk 4P adalah...

a. Produk

b. Prediksi

c. Promosi

d. Tempat

e. Harga

23. Bisnis online dapat dilakukan oleh perusahaan atau pebisnis perorangan karena biayanya...

a. Murah

b. Mudah

c. Efektif

d. Mahal

e. Terjangkau

24. Yang dimaksud dengan Teknik Promosi dengan cara menggunakan Kupon adalah...

a. Teknik promosi penjualan melalui kertas bertanda khusus yang memberikan potongan harga bagi pembeli

b. Teknik promosi penjualan yang menawarkan barang gratis atau potongan harga yang digunakan untuk merangsang pembelian

c. Teknik promosi penjualan yang memberikan imbalan bagi pembeli langganan karena telah melakukan pembelian berulang

d. Teknik promosi penjualan yang menempatkan pajangan produk di lokasi tertentu untuk merangsang pembelian atau menyediakan informasi mengenai suatu produk

e. Tidak ada jawaban yang benar

25. Ketika tenaga penjual berupaya membujuk pembeli untuk membeli produk dengan memberikan informasi mengenai manfaat dari produk yang bersangkutan, adalah pengertian dari...

a. Penjualan Deskriptif

b. Penjualan Kreatif

c. Penjualan Inovatif

d. Penjualan Membujuk

e. Penjualan Informatif

26. Yang merupakan Distribusi Fisik adalah...

a. Operasi Pergudangan

b. Operasi Transportasi

c. Distribusi melalui Rantai Pasokan sebagai Strategi Pemasaran

d. a dan b Benar

e. a, b dan c Benar

27. Berikut ini tujuan promosi, kecuali...

a. Meningkatkan penjualan

b. Mengkomunikasikan informasi suatu produk

c. Menambah nilai suatu produk

d. Menurunkan omset perusahaan

e. a, b dan c Benar

28. Promosi penjualan menurut Fandy Tjiptono adalah...

a. Promosi merupakan salah satu variable dalam bauran pemasaran yang sangat penting dilaksanakan oleh perusahaan dalam memasarkan produk jasa.

b. Promosi adalah upaya membujuk orang untuk menerima produk, konsep dan gagasan

c. Promosi adalah bentuk persuasif langsung melalui penggunaan berbagai intensif yang dapat diatur untuk merangsang pembelian produk dengan segera atau meningkatkan jumlah barang yang dibeli pelanggan.

d. Promosi adalah proses menginformasikan, membujuk,dan mempengaruhi suatu keputusan pembelian.

e. Tidak ada jawaban yang benar

29. Distribusi Insentif berarti...

a. Mendistribusikan ke sebanyak mungkin saluran dan anggota saluran (baik pedagang grosir maupun peritel).

b. Strategi di mana suatu produsen manufaktur memberikan hak eksklusif untuk mendistribusikan atau menjual suatu produk kepada pedagang grosir atau peritel yang berjumlah terbatas dalam satu wilayah geografis tertentu.

c. Strategi di mana suatu perusahaan hanya menggunakan suatu perusahaan atau pedagang grosir dan peritel yang memberikan perhatian khusus dalam sistem penjualan mereka atas produk-produk tertentu.

d. b dan c benar

e. Semua jawaban salah

30. Menurut William J. Stanton harga adalah...

a. Harga adalah jumlah uang (kemungkinan ditambah beberapa barang) yang dibutuhkan untuk memperoleh beberapa kombinasi sebuah produk dan pelayanan yang menyertainya.

b. Harga adalah sejumlah nilai atau uang yang dibebankan atas suatu produk atau jasa untuk jumlah dari nilai yang ditukar oleh konsumen atas manfaat-manfaat.

c. Harga adalah jumlah uang (ditambah beberapa barang kalau mungkin) yang dibutuhkan untuk mendapatkan sejumlah kombinasi dari barang beserta pelayanannya.

d. Harga adalah satuan moneter atau ukuran lainnya termasuk barang dan jasa lainnya yang ditukarkan agar memperoleh hak kepimilikan atau pengguna suatu barang dan jasa.

e. Harga adalah satuan yang harus didapatkan dari penjual kepada produsen tanpa pelayanan apapun baik barang ataupun jasa.

31. Manfaat bisnis online yang langsung terasa dari sisi distribusi adalah...

a. Konsumen semakin puas karena dalam pembelian secara online kerap ditawarkan diskon serta hadiah yang menarik

b. Adanya peluang mendapatkan cashback saat konsumen melakukan pembelian secara online

c. Perusahaan cepat mendapatkan feedback dari konsumen karena barang sampai ke tangan konsumen dalam waktu yang cepat

d. Adanya pemotongan jalur distribusi, dari perusahaan langsung ke konsumen, yang menakan biaya kirim dan harga produk

e. Distribusi yang cepat meningkatkan branding perusahaan dimata konsumen

32. Beberapa cara SEO adalah...

a. Melakukan riset kata kunci

b. Membuat artikel yang bagus dan panjang

c. Melakukan riset kata kunci pada mesin pencari, membuat artikel yang didalamnnya terdapat kata kunci, memberikan kata kunci pada gambar yang ada di dalam artikel

d. Membuat artikel yang didalamnya diberikan kata kunci; gambarnya tidak perlu menggunakan kata kunci

e. Melakukan riset kata kunci menggunakan mesin pencari dan mengelompokannya untuk dibuat artikel

33. Beberapa keahlian yang harus dimiliki dalam melakukan bisnis online adalah...

a. Mampu merencanakan website dan mampu memasarkannya

b. Mampu merencanakan website dan membangun website

c. Mampu membuat perencanaan website, membangun website, dan memasarkan website

d. Mampu merencanakan setiap detail pembuatan website dan membangun website

e. Mampu membangun website dan memasarkan website

34. Saat ini, media online digunakan oleh banyak perusahaan untuk menunjang aktivitas pemasarannya. Keberhasilan bisnis online/daring ditentukan oleh beberapa hal berikut ini...

a. Produk pesaing, promosi, harga bersaing, tempat ramai

b. Produk berkualitas, promosi, harga murah, tempat ramai

c. Tempat strategis, produk berkualitas, harga murah, promosi

d. Tempat strategis, harga bersaing, produk berkualitas, promosi

e. Tempat ramai, harga bersaing, produk berkualitas, promosi

35. Email memiliki banyak fungsi dan kegunaan dalam aplikasinya. Berikut ini yang bukan termasuk fungsi dan kegunaan email adalah...

a. Berkirim surat

b. Menyimpan data

c. Sebagai akun blog

d. Email marketing

e. Mengirim video

36. Salah satu strategi bisnis online adalahmenggunakan pendekatan Search Engine Optimization (SEO), yang berarti menggunakan...

a. Pencarian

b. Mesin pencari

c. Database

d. Skill

e. Perhitungan

37. Salah satu keuntungan implementasi distribusi dalam bisnis online adalah....

a. Pelanggan dapat melacak pesanan

b. Tanpa biaya kirim

c. Barang pasti tiba di hari yang sama

d. Kantor cabang banyak

e. Konsumen selalu mendapat diskon

38. Pemasaran di dunia nyata memerlukan Four Ps of Marketing (4P) demi efektifnya perusahaan mencapai tujuannya. Berikut ini yang bukan termasuk 4P adalah....

a. Produk

b. Orang

c. Promosi

d. Tempat

e. Harga

39. Menurut ruang lingkupnya komunikasi dalam bisnis dibedakan menjadi dua bagian. Yang tidak termasuk komunikasi eksternal adalah...

a. Direktur keuangan perusahaan dengan Bank

b. Manajer pemasaran dengan manajer produksi

c. Karyawan bagian marketing dengan konsumen

d. Purchasing manager dengan supplier

e. Tidak ada jawaban yang benar

40. Berikut ini termasuk tujuan komunikasi dari bawahan kepada atasan, kecuali...

a. Memberi masukan (seputar masalah dan saran) pelaksanaan pekerjaan

b. Memberitahukan kesalahan teman sejawat

c. Melaporkan tugas yang sudah dilaksanakan

d. Menyampaikan keluhan pribadi

e. Tidak ada jawaban yang benar

0 comments:

Posting Komentar