Kamis, 16 Maret 2023

Latihan Soal USPBK Tipe A C3 BDP SMK 2023

1. Berikut yang bukan merupakan ciri-ciri pasar, yaitu ….
Terdapat lokasi yang tetap
Adanya calon pembeli dan penjual
Adanya proses permintaan dan penawaran
Adanya interaksi pembeli dan penjual
Adanya barang dan jasa yang diperjualbelikan
2. Suatu pasar dimana proses jual beli tidak dilakukan secara langsung, tetapi hanya menggunakan surat dagang saja disebut pasar …
Abstrak
Nyata
Tradisional
Modern
Konsumsi
3. Suatu pasar yang memungkinkan penjual dan pembeli melakukan tawar menawar secara langsung, yaitu pasar …
Tradisional
Modern
Abstrak
Produksi
Konkret
4. Berikut yang merupakan jenis pasar berdasarkan strukturnya, yaitu …
Persaingan tidak sempurna
Abstrak
Harian
Konsumsi
Konkret
5. Pameran pembangunan dan pekan raya Jakarta merupakan jenis pasar …
Tahunan
Mingguan
Musiman
Bulanan
Harian
6. Jenis pasar yang memungkinkan transaksi dengan berbagai Negara di dunia disebut pasar …
Internasional
Daerah
Local
Nasional
Interlokal
7. Jumlah produsen dalam pasar sangat banyak sehingga akan sulit melakukan persaingan dengan cara yang tidak sehat, merupakan kelebihan pasar …
Persaingan sempurna
Monopolistic
Monopoli
Persaingan tidak sempurna
Oligopoly
8. Berbagai atribut produk yang dilengkapi atau ditambahi berbagai manfaat dan layanan, sehingga dapat memberikan tambahan kepuasan dan bisa dibedakan dengan produk pesaing disebut ...
Produk pelengkap
Produk potensial
Core benefit
Produk generik
Expected product
9. Suatu unit khusus dalam suatu merek atau lini produk yang dapat dibedakan berdasarkan ukuran, harga, penampilan, atau atribut lainnya disebut ...
Item
Merek
Tipe produk
Atribut produk
Kelas produk
10. Berikut yang termasuk barang convenience goods, yaitu ...
Staples
Undurable goods
Homogeneus shopping goods
Specialty goods
New unsought products
11. Barang-barang tahan lama yang memberi kemudahan dalam mengembangkan dan atau mengelola produk jadi disebut ...
Capital items
Materials
Parts
Bahan jadi
Supplies
12. Strategi peluncuran produk baru dengan harga tinggi dan tingkat promosi yang tinggi, yaitu ...
Rapd skimming strategy
Slow skimming strategy
Rapid generation strategy
Slow penetration strategy
Rapid screening strategy
13. Strategi memperluas merek dengan menggunakan nama merek yang sudah terkenal untuk kategori produk baru disebut ...
Brand extension
Waralaba
New brand
Line extension
Franchise
14. Berikut yang bukan salah satu faktor pendukung pengembangan produk adalah ...
Kebijakan pemerintah
Perubahan selera konsumen
Penentuan anggaran
Analisa situasi
Evaluasi pelaksanaan
15. Proses penyampaian berita langsung dari pihak pimpinan kepada bawahannya, begitu pula sebaliknya merupakan bentuk komunikasi…..
Bisnis
Diagonal
Horizontal
Kelompok
Vertikal 
16. Etika dalam berkomunikasi berupa prinsip memenuhi janji, memenuhi jiwa perjanjian dan tidak akan menafsirkan perjanjian dengan yang tidak masuk akal disebut…..
Jujur
Setia
Integritas
Memegang janji 
Adil 
17. Penerima pesan dalam komunikasi dinamakan….
Komunikan 
Komunikasi 
Channel 
Komunikator  
Sender 
18. Respon yang diberikan oleh komunikan kepada komunikator bersifat merugikan atau memojokkan komunikator adalah…..
Positive feedback
Negative feedback
Zero feedback
Vertical feedback
Neutral feedback 
19. Proses kegiatan komunikasi menggunakan sarana/media elektronik atau perangkat telekomunikasi disebut komunikasi…..
Akoptika 
Akustika 
Elektrika 
Grafik 
Optika  
20. Suatu proses kegiatan penyampaian informasi atau pesan mengenai bisnis dari pihak satu ke pihak lain disebut…..
Bisnis  
Komunikasi bisnis  
Komunikasi 
Etika komunikasi 
Proses komunikasi 
21. Komunikasi yang menyangkut hubungan dengan pihak luar disebut komunikasi….
Verbal 
Nonverbal  
Internal  
Eksternal 
Personal  
22. Kegunaan barang karena mempunyai zat asli yang dibutuhkan disebut
Time utility
Form utility
Element utility
Ownership utility
Service utility 
23. Barang khusus untuk hiasan dan cedera mata, seperti guci, kalung, giwang, jam, permata, dan sebagainya termasuk dalam….
Convenience goods
Shopping goods
Knowledge goods
Unsought goods
Speciality goods 
24. Setiap orang atau kelompok yang berperan sebagai pelanggan nyata atau akhir adalah…..
Organisasi
Pemerintah 
Suppliers
Pelanggan eksternal
Pelanggan internal 
25. Kebutuhan yang dirasakan seseorang mendasar bagi kesejahteraan yang sangat menentukan harapannya disebut….
Enduring service
Transitory service
Perceived service 
Situational factors
Personal needs 
26. Perjanjian negosiasi disaksikan dan disahkan oleh suatu badan pemerintah (notaris) disebut….
Perjanjian autentik 
Perjanjian di bawah tangan 
Surat berharga 
Wasiat 
Warkat 
27. Surat yang dibuat dalam transaksi bisnis atau perdagangan disebut surat…
Perintah
Pribadi
Dinas
Resmi
Niaga 
28. Surat niaga yang dibuat atas dasar surat permintaan penawaran atau karena akan memasarkan suatu produk baru disebut surat….
Perkenalan 
Permintaan penawaran 
Penawaran 
Pesanan 
Klaim 
29. Salah satu faktor yang bisa berpengaruh secara langsung ataupun tidak langsung terhadap aktivitas bisnis adalah…….
Lingkungan bisnis
Pengaruh bisnis 
Faktor bisnis
Etika bisnis
Strategi bisnis
30. Lingkungan bisnis terbagi menjadi dua, yaitu lingkungan bisnis ….. dan …….
Usaha dan sekitar
Impor dan ekspor
Mikro dan makro
Produksi dan pemasaran
Internal dan eksternal 
31. Berikut ini yang termasuk dalam unsur lingkungan khusus, kecuali….. 
Peralatan
Pesaing
Pelanggan
Pemasok
Perantara pemasaran
32. Dalam proses analisis lingkungan, menganalisis kecenderungan faktor dan masalah utama yang diperkirakan mempunyai dampak penting terhadap perumusan strategi, merupakan urutan proses…..
Pertama
Kedua
Ketiga
Keempat
Kelima
33. Salah satu faktor yang bisa berpengaruh secara langsung ataupun tidak langsung terhadap aktivitas bisnis adalah…….
Lingkungan bisnis
Pengaruh bisnis 
Faktor bisnis
Etika bisnis
Strategi bisnis 
34. Di bawah ini termasuk faktor eksternal yang mempengaruhi inspirasi, yaitu……
Pengetahuan yang dimiliki 
Pengalaman dari individu itu sendiri 
Kesulitan yang dihadapi sehari-hari
Pengalaman saat ia melihat orang lain menyelesaikan masalah
35. Intuisi yang merupakan pemikiran yang muncul dari individu itu sendiri
Untuk menganalisis suatu usaha digunakan metode analisis……
SWAT
SWOT
SOWT
Opportunities
SWANSEA 
36. Keseimbangan modal ekstern adalah…….
Keseimbangan antara modal yang ditarik dengan  modal yang ada dan tersedia di dalam perusahaan 
Keseimbangan antara modal yang dibutuhkan dengan modal yang tersedia pada masyarakat
Keseimbangan antara jumlah modal yang dibutuhkan di satu pihak dengan jumlah yang akan ditarik 
Keseimbangan antara jenis barang modal yang akan digunakan dalam perusahaan di satu pihak dengan jenis modal untuk ditarik ke dalam perusahaan pihak lain
Keseimbangan antara jenis barang modal yang akan digunakan dalam perusahaan di satu pihak dengan jenis modal untuk ditarik ke dalam anak perusahaan 
37. Aspek yang menyangkut segi pribadi, watak, dan kejujuran wirausaha sebagai pimpinan perusahaan dalam pemenuhan kewajiban-kewajiban finansialnya adalah……..
Character
Capacity
Capital
Collateral
Conditions 
38. Sejumlah barang atau uang yang masih berada ditangan orang lain disebut……
Modal
Utang
Kas
Piutang
Harta 
39. Salah satu sarana dalam administrasi perpajakan yang digunakan sebagai tanda pengenal diri atau identitas bagi wajib pajak, disebut……..
KTP
NPWP
TRP
SITU
SIUP 
40. Surat yang dikeluarkan oleh pemerintah yang menyatakan secara resmi kegiatan usaha layak dan diperbolehkan/dijalankan dalam waktu tertentu disebut……
Surat izin usaha
Surat Izin Tempat Usaha (SITU)
Surat Izin Usaha Perdagangan (SIUP)
NPWP (Nomor Pokok Wajib Pajak)
NRB (Nomor Rekening Bank)

3 komentar:

  1. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  2. 1.adanya interaksi pembeli dan penjual
    2.pasar abstrak
    3.pasar tradisional
    4.persaingan tidak sempurna
    5.tahunan
    6.internasional
    7.Persaingan sempurna
    8.produk pelengkap
    9.tipe produk
    10.Undurable goods
    11.kapital items
    12.rapid skimming strategy
    13.brand extension
    14.perubahan selera konsumen
    15.vertikal
    16.jujur
    17.komunikan
    18.negative feedback
    19.Elektrika
    20.komunikasi
    21.eksternal
    22.element utility
    23.speciality goods
    24.pelanggan eksternal
    25.personal needs
    26.perjanjian autentik
    27.surat niaga
    28.pesanan
    29.strategi bisnis
    30.lingkungan internal dan eksternal
    31.peralatan
    32.kedua
    33.strategi bisnis
    34.pengalaman saat ia melihat orang lain menyelesaikan masalah
    35.SWOT
    36.Keseimbangan antara jenis barang modal yang akan digunakan dalam perusahaan di satu pihak dengan jenis modal untuk ditarik ke dalam perusahaan pihak lain
    37.Character
    38.Piutang
    39.NPWP
    40.Surat Izin Usaha Perdagangan (SIUP)

    BalasHapus
  3. 1. interaksi pembeli dan penjual
    2. pasar abstrak
    3. pasar tradisional
    4. persaingan tidak sempurna
    5. tahunan
    6. internasional
    7. persaingan sempurna
    8. produk pelengkap 9.
    jenis produk
    10. Barang tidak tahan lama
    11. barang modal
    12. strategi skimming cepat
    13 .perluasan merek
    14.perubahan selera konsumen
    15.vertikal
    16.jujur
    ​​17.komunikasi
    18.umpan balik negatif
    19.listrik
    20.komunikasi
    21.eksternal
    22.elemen utilitas
    23.barang khusus
    24.pelanggan eksternal
    25.kebutuhan pribadi
    26.asli perjanjian
    27. surat bisnis
    28. pesanan
    29. strategi bisnis
    30. lingkungan internal dan eksternal
    31. peralatan
    32. detik
    33. strategi bisnis
    34. pengalaman melihat orang lain memecahkan masalah
    35. SWOT
    36. Keseimbangan antara jenis barang modal yang akan digunakan pada perusahaan satu pihak dengan jenis modal yang akan ditarik ke perusahaan pihak lain
    37.Karakter
    38.Piutang
    39.NPWP
    40.Surat Izin Usaha Usaha (SIUP)

    BalasHapus