Senin, 24 Mei 2021

SOAL BISNIS ONLINE XI BDP SMK SEMESTER GENAP 2018

 

SOAL BISNIS ONLINE XI BDP SMK SEMESTER GENAP 2018

1.

Salah satu fasilitas atau aplikasi internet yang memungkinkan untuk mengirim pesan dalam bentuk surat ke seluruh dunia dalam waktu yang sangat cepat adalah...

 

A.

B.

C.

D.

E.

facebook

twitter

e-mail

youtube

media sosial

 

2.

Berikut ini yang bukan merupakan manfaat dari e-mail adalah ...

 

A.

B.

C.

D.

E.

Sebagai media komunikasi

Sebagai media pengiriman

Media promosi

Membutuhkan waktu yang lama untuk menyampaikan pesan

Dapat digunakan untuk membuat blog atau website

 

 

3.

Tombol sign up pada email digunakan untuk ...

 

A.

B.

C.

D.

E.

Mendaftarkan diri

Masuk ke e-mail yang dimiliki

Menulis surat baru

Mengirimkan surat secara berantai

Mengirim surat kepada alamat e-mail yang dituju

 

4.

Tombol yang digunakan untuk melihat surat yang masuk kepada pemilik e-mail yaitu...

 

A.

B.

C.

D.

E.

Sign in

compose

inbox

draft

sent

 

 

 

 

 

 

 

5.

Attachment merupakan fasilitas pada sebuah program e-mail, bail mail klien maupun webmail yang dapat digunakan untuk ...

 

A.

B.

C.

D.

E.

Melihat e-mail yang telah dihapus

Membalas surat yang diterima

Melihat e-mail yang dicurigai spam

Meneruskan surat yang diterima

Mengirimkan file, atau gambar, yang diikutsertakan pada surat elektronik yang akan dikirim

 

6.

Berikut ini yang disebut sebagai nama domain tempat e-mail itu berada yaitu ...

 

A.

B.

C.

D.

E.

Nama pengguna

@

Yahoo.com

www

CC

 

7.

Setelah mendaftarkan e-mail maka untuk menggunakan surat elektronik tersebut, yang dilakukan adalah...

 

A.

B.

C.

D.

E.

Sign up terlebih dahulu

Log in terlebih dahulu

Menekan tombol sent

Menekan tombol attachment

Menekan tombol inbox

 

8.

Tehnik pemasaran menggunakan media internet dan surat elektronik dengan tujuan menjalin hubungan dan menyampaikan pesan pemasaran (promosi) untuk menarik pelangga disebut ...

 

A.

B.

C.

D.

E.

e-mail marketing

pemasaran online

social media marketing

pay per click

iklan online

 

9.

Alat komunikasi berupa surat elektronik yang digunakan dalam memberikan informasi mengenai perusahaan, baik menyangkut produk, orang yang terlibat, serta informasi lain yang dapat membantu berhubungan dengan urusan bisnisnya disebut dengan ...

 

A.

B.

C.

D.

E.

Media sosial

e-mail

e-mail marketing

e-mail promotion

newsletter

 

10.

Berikut ini alasan surat eletronik digunakan sebagai salah satu teknik dalam pemasaran, kecuali ...

 

A.

B.

C.

D.

E.

Jangkaun yang luas

Menurunkan trafik

Cepat dan sederhana

hemat

membangun dan menjalin hubungan dengan mengirimkan surat elektronik kepada konsumen.

 

11.

Bagian surat elektronik yang dapat membantu untuk membangun konsistensi, di mana perusahaan dapat menempatkan rincian kontak yang mencakup nama dan kontak e-mail perusahaan adalah ...

 

A.

B.

C.

D.

E.

preheader

footer

header

subjek line

body

 

12.

Target jangka pendek dari pemasaran dengan menggunakan surat elektronik adalah ...

 

A.

B.

C.

D.

E.

ROI

Penambahan data konsumen dalam bisnis data

Pengguna mengunduh whitepaper

Jumlah link yang diakses

Jumlah surat yang diteruskan

 

 

13.

Berikut ini kelebihan dari pemasaran dengan menggunakan surat elektronik, kecuali ...

 

A.

B.

C.

D.

E.

Rahasia terjaga

Bisa melakukan promosi lebih eksklusif atau lebih personal

Dapat mencakup pemasaran yang luas, baik itu pada konten artikel, gambar hingga bentuk video

e-mail bisa salah alamat, yaitu ke spam atau sampah

waktu pengiriman yang cepat dan tepat

 

14.

Strategi teknik atau proses mendapatkan trafik (pengunjung) website atau perhatian melalui situl media sosial, seperti twitter, facebook, instragram dikenal dengan istilah ...

 

A.

B.

C.

D.

E.

e-mail marketing

pemasaran media sosial

pemasaran online

iklan online

viral marketing

 

15.

Strategi dan proses penyebaran pesan elektronik yang menjadi saluran untuk mengomunikasikan informasi suatu produk kepada masyarakat secara meluas dan berkembang disebut dengan ....

 

A.

B.

C.

D.

E.

Social media marketing

e-mail marketing

pemasaran online

pay per klik

viral marketing

 

16.

Berikut ini keuntungan pemasaran dengan menggunakan facebook, kecuali ...

 

A.

B.

C.

D.

E.

Cara membuatnya mudah

Cara menggunakannya mudah

Biayanya mahal

Pasar facebook luas

Facebook memiliki banyak fasilitas pendukung yang dapat dogunakan untuk melakukan pemasaran

 

 

17.

Iklan premium yang membutuhkan lebih banyak biaya, namum memperluas iklan dalam facebook disebut ...

 

A.

B.

C.

D.

E.

Iklan online

Pemasaran online

Pemasaran media sosial

Premium ads

Marketplace ads

 

18.

Berikut ini kelebihan dar pemasaran dengan media sosial, kecuali ...

 

A.

 

B.

.

C.

D.

E.

Sosial media bisa dimanfaatkan untuk menjalin hubungan baik dengan konsumen dan menjadikan para konsumen tetap berhubungan dengan produk atau jasa secara pribadi

Para konsumen bisa melarikan diri atau tidak bertanggung jawab, karena pemilik bisnis dan konsumen tidak bertemu secara langsung

Produsen dapat dengan cepat memberikan informasi mengenai produknya

Keberadaan sebuah produk atau jasa di sosial media bisa menjadi sarana yang mudah bagi konsumen

Sosial media bisa menjadi cara baru dalam memasarkan produk atau jasa dar mulut ke mulut

 

19.

Hal-hal yang tidak perlu diperhatikan sebelum dan sesudah membuat akun twitter dalam pemasaran adalah ...

 

A.

B.

C.

D.

E.

Berikan informasi terbaru

Gunakan nama yang sulit dikenal pasar

Gunakan profil yang menarik

Pilih topik yang tepat

Arahkan teman ke website

 

20.

Jika ingin mengembangkan bisnis dan mendapatkan peluang jaringan B2B (business to business) maka cara yang efektif untuk mendapatkannya adalah dengan ...

 

A.

B.

C.

D.

E.

twitter

facebook

e-mail

pinterest

linkedln

 

21.

Iklan dilakukan oleh suatu perusahaan untuk ...

 

A.

B.

C.

D.

E.

Mengenalkan produknya

Menambah biaya produksi

Mengembangkan produk

Melakukan pemilihan manajer

Melakukan pemilihan produk baru

 

22.

Suatu bentuk komunikasi nonpersonal yang menyampaikan informasi berbayar sesuai keinginan dari institusi/sponsor tertentu melalui media massa yang ertujuan memengaruhi khlayak agar membeli suatu produk atau jasa adalah pengertian iklan menurut ...

 

A.

B.

C.

D.

E.

Philip kotler

Kevin keller

Amstrong

Persatuan Perusahaan Periklanan Indonesia

Kaplan Dan Haenlein

 

23.

Iklan yang bertujuan menciptakan kesadaran merek dan mengetahui tentang produk atau fitur produk baru yang ada disebut iklan ....

 

A.

B.

C.

D.

E.

informatif

persuasif

pengingat

penguat

belanja

 

24.

Iklan pengingat dibuat oleh perusahaan dengan tujuan ...

 

A.

B.

C.

D.

E.

Menciptakan kesadaran merk dan mengetahui tentang produk atau fitur produk baru yang ada

Menciptakan kesukaan, preferensi, keyakinan, dan pembelian produk atau jasa

Menstimulasikan pembelian berulang produk dan jasa

Meyakinkan pembeli saat ini bahwa mereka melakukan pilihan tetap

Menarik para investor untuk menginvestasikan dananya

 

 

25.

Metode periklanan dengan menggunakan media internet dan layanannya, misalkan www dengan tujuan menyampaikan pesan pemasaran (promosi) agar pelanggan tertarik dan membeli produk yang ditawarkan disebut ...

 

A.

B.

C.

D.

E.

e-mail marketing

iklan online

penjualan online

pemasaran media sosial

viral marketing

 

26.

Berikut ini yang bukan merupakan tujuan dari iklan online adalah ...

 

A.

B.

C.

D.

E.

Mengurangi kesadaran merek

Menginformasikan konsumen tentang merek merek baru

Menjangkau pelanggan baru dan menciptakan permintaan konsumen

Mempersuasi (membujuk) konsumen untuk mencoba produk dan jasa yang diiklankan

Membangun loyalitas konsumen

 

27.

Jenis iklan yang lebih ditekankan ke penulisan alamat link iklan dan keterangan singkat dari iklan itu sendiri disebut dengan iklan ...

 

A.

B.

C.

D.

E.

konstektual

link

search ads

display

multimedia

 

28.

Iklan yang menampilakn kombinasi antara teks, gambar dan animasi dan setiap iklan memiliki ukuran yang telah diatur adalah iklan ...

 

A.

B.

C.

D.

E.

display

multimedia

link

konstektual

hasil pencarian

 

29.

Iklan yang biasanya ditampilkan saat pengguna mengklik satu halaman ke halaman lainnya sebelum halaman lainnya ditampilkan adalah ...

 

A.

B.

C.

D.

E.

Pop up dan pop under

Floating advert

Interstitial banners

Wallpaper advertising

Iklan banner

 

30.

Iklan yang muncul di lapisan atas konten tetapi tidak dalam jendela terpisah disebut ...

 

A.

B.

C.

D.

E.

Pop up dan pop under

Floating advert

Map advertising

Iklan banner

Video online

 

 

PETUNJUK KHUSUS :

Jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut dengan benar!

 

1.

Apakah yang dimaksud dengan e-mail atau surat elektronik?

2.

Apa saja manfaat e-mail?

3.

Apa saja kelebihan yang didapatkan dengan melakukan e-mail marketing?

4.

Sebutkan 3 ciri-ciri media sosial!

5.

Jelaskan pengertian iklan menurut Persatuan Perusahaan Periklanan Indonesia (PPPI)?

0 comments:

Posting Komentar