1.
Pemasaran adalah suatu
proses sosial dan manajerial yang didalamnya individu dan kelompok mendapatkan
apa yang mereka butuhkan dan diinginkan dengan menciptakan, menawarkan, dan
mempertukarkan produk yang bernilai dengan pihak lain hal ini merupakan
pengertian pemasaran menurut ....
A. David beckham
B. Adam smith
C. Philip kotler
D. American marketing asociation
E. Marc marquez
2.
Pemasaran dipandang
sebagai kegiatan yang dapat menawarkan berbagai alternatif alat pemuas
kebutuhan. Hal ini merupakan segi positif pemasaran dilihat dari sisi ....
A. Produsen
B. Konsumen
C. Distributor
D. Pemerintah
E. Pemasok
3.
Jika kepuasan dan
kebutuhan konsumen terpenuhi, maka akan berdampak pada hasil penjualan
produknya yang ....
A. Stabil
B. Tetap
C. Menurun
D. Meningkat
E. Defisit
4.
Segala sesuatu yang
dapat ditawarkan untuk memuaskan suatu kebutuhan dan keinginan disebut ....
A. Produk
B. Barang
C. Jasa
D. Gagasan
E. ide
5.
Konsumen, jika
diabaikan, biasanya tidak akan membeli produk organisasi dalam jumlah yang
cukup. Hal ini merupakan konsep pemasaran yang berupa konsep ....
A. Menjual/penjualan
B. Produk
C. Produksi
D. Pemasaran
E. Pemusatan
6.
Tempat dimana
perusahaan harus memulai pencariannya atas peluang dan kemungkinan ancaman
disebut ...
A. Tempat produksi
B. Lingkungan mikro
C. Lungkungan makro
D. Kantor
E. Pabrik
7.
Konsumen berada dalam
perilaku pembelian yang kompleks ketika ...
A. Produsen mempunyai keterlibatan dengan konsumen dalam pembelian barang
tertentu
B. Mereka sangat terlibat dalam pembelian dan mempunyai persepsi yang signifikan
mengenai perbedaan diantara merek
C. Konsumen mempunyai keterlibatan rendah dan tidak terdapat perbedaan yang
signifikan antar merek
D. Konsumen mempunyai keterlibatan yang tinggi dengan pembelian yang mahal,
tidak sering atau beresiko, namun terlihat sedikit perbedaan antar merek
E. Konsumen mempunyai tingkat keterlibatan yang rendah tetapi mempersepsikan
adanya perbedaan merek yang signifikan.
8.
Pada proses ini, pusat
pembelian juga harus memutuskan berapa banyak pemasok yang akan digunakan. Hal
ini merupakan proses pembelian di pasar industri berupa proses ....
A. Pemilihan pemasok
B. Pencarian pemasok
C. Spesifikasi produk
D. Pengenalan masalah
E. Penjabaran kebutuhan secara umum
9.
Pembagian suatu pasar
yang heterogen ke dalam satuan-satuan pembeli yang homogen, di mana kepada
setiap satuan pembeli yang homogen tersebut dijadikan sasaran pasar yang
dicapai dengan marketing mix tersendiri disebut ....
A. Kelompok pasar
B. Segmentasi pasar
C. Keseimbangan pasar
D. Pasar bebas
E. Diferensiasi produk
10. Segmentasi geografis membagi pasar menjadi beberapa unit/kelompok sesuai
dengan gambaran ...
A. Wilayah/tempatnya
B. Kebiasaan konsumen
C. Penduduknya
D. Umur
E. Gaya hidup
11. Berikut yang termasuk faktor demografis adalah ...
A. Sikap
B. Wilayah
C. Pendapatan
D. Kepribadian
E. penduduk
12. Berikut yang termasuk faktor psikografis adalah ....
A. Agama
B. Kepribadian
C. Penghasilan
D. Penduduk
E. Jenis kelamin
13. Perusahaan produk fashion menggunakan tingkatan umur dan perbedaan jenis
kelamin untuk memasarkan produknya, berarti perusahaan melakukan segmentasi ...
A. Geografis
B. Demografis
C. Psikografis
D. Morfografis
E. Tingkah laku
14. Salah satu alasan dilakukannya segmentasi pasar karena pasar bersifat ....
A. Kompleks
B. Dinamis
C. Homogen
D. Statis
E. Labil
15. Salah satu strategi dalam melakukan diferensiasi produk meliputi merk,
logo, dan asosiasi karakter. Hal tersebut merupakan diferensiasi produk melalui
....
A. Saluran
B. Citra perusahaan
C. Produk
D. Servis
E. Sumber daya manusia
16. Setiap produsen menginginkan barang dan jasa yang diproduksi dapat segera
sampai ke tangan konsumen. Mekanisme yang dilakukan adalah melalui ....
A. Toko
B. Pasar
C. Sekolah
D. Koperasi
E. Tempat kursus
17. Komunikasi anda harus benar-benar menuju pada satu titik di mana anda
tampil beda dan meninggalkan pesaing, merupakan kriteria untuk mengkomunikasikan diferensiasi, yaitu
....
A.
Simple
B.
Focus
C.
Interest
D.
Rent
E.
Meaningfull
18. Konsumen dapat memperoleh informasi dari berbagai sumber, salah satunya
berasal dari organisasi. Organisasi termasuk sumber ....
A. Pribadi
B. Komersial
C. Publik
D. Internal
E. Material
19. Segala sesuatu yang dapat ditawarkan produsen untuk diperhatikan, diminta,
dicari, dibeli, digunakan, atau dikonsumsi pasar sebagai pemenuhan kebutuhan
atau keinginan pasar yang bersangkutan disebut ....
A. Produk
B. Barang
C. Jasa
D. Sale
E. Indent
20. Berikut ini yang merupakan pengertian dari produk utama, yaitu ....
A. Segala macam tambahan dan perubahan yang mungkin dikembangkan untuk suatu
produk di masa mendatang
B. Produk dasar yang mampu memenuhi fungsi produk yang paling dasar
C. Produk formal yang ditawarkan dengan berbagai atribut dan kondisinya secara
normal (layak) doharapkan dan disepakati untuk dibeli
D. Manfaat yang sebenarnya dibutuhkan dan akan dikonsumsi oleh pelanggan dari
setiap produk.
E. Berbagai atribut produk yang dilengkapi atau ditambahi berbagai manfaat dan
layanan, sehingga dapat memberikan tambahan kepuasan dan bisa dibedakan dengan
produk pesaing.
21. Sekumpulan produk di dalam kelas produk yang berhubungan erat adalah ....
A. Lini produk
B.
Need family
C.
Product family
D. Tipe produk
E. merek
22. Berikut ini yang termasuk dalam barang tahan lama, yaitu ....
A. Sabun
B. Televisi
C. Kapur tlis
D. Garam
E. Gula
23. Barang-barang yang sebetulnya sudah ada dan diketahui konsumen, tetapi
tidak terpikirkan untuk membelinya disebut ...
A.
Regularly unsought products
B.
New unsought products
C.
Specialty good
D.
Unsought goods
E.
Shopping goods
24. Barang berwujud yang biasanya bisa bertahan dengan banyak pemakaian (umur
ekonomisnya untuk pemakaian normal adalah satu tahun atau lebih) disebut ....
A.
Services
B.
Durable goods
C.
Nondurable goods
D.
Convienence goods
E. Shopping goods
25. Kegiatan meramalkan atau merencanakan permintaan produk untuk suatu periode
tertentu disebut ....
A.
Planning
B.
Organization
C.
Actuating
D.
Evaluation
E.
Forecasting
26. Perusahaan membentuk semacam kelompok yang terdiri atas enam sampai sepuluh
orang. Mereka diminta untuk mengajukan usul dan ide sebanyak mungkin dalam
jangka waktu tertentu. Hal tersebut merupakan teknik menghasilkan ide dengan
....
A.
Brainstorming
B. Daftar atribut
C. Analisis morfologi
D. Identifikasi kebutuhan
E.
Forced relationship
27. Proses menciptakan dan mengembangkan spesifikasi produk yang dapat
mengoptimalkan fungsi, nilai, dan tampilan produk disebut proses ....
A. Aplikasi desain industri
B. Pengembangan arsitektur produk
C. Penilaian atas persyaratan/kebutuhan manufaktur
D. Pengujian pasar
E. Penyesuaian produk
28. Dalam tahap ini produk mulai dikenal konsumen dan mengalami kenaikan volume
penjualan. Merupakan tahap daur hidup produk berupa tahap ....
A. Perkenalan
B. Pertumbuhan
C. Penurunan
D. Modifikasi
E. kedewasaan
29. Kebutuhan inti/dasar yang membentuk product
family disebut ....
A.
Product line
B.
Product type
C.
Product family
D.
Product class
E.
Need family
30. Sabun ditinjau dari segi ketahanan barangnya termasuk barang ....
A. Primer
B. Tahan lama
C. Tidak tahan lama
D. Sekunder
E. Pelengkap
PETUNJUK KHUSUS :
Untuk soal nomor 1 – 5 adalah Soal Uraian jawablah dengan benar!
1. |
Jelaskan
tentang nilai positif kegiatan pemasaran! |
2. |
Sebutkan tiga tujuan secara garis besardari pemasaran? |
3. |
Sebutkan tiga aset utama perusahaan sebagai upaya diferensiasi
produk! |
4. |
Sebutkan empat kriteria untuk menentukan posisi pasar! |
5. |
Sebutkan tiga tujuan dilakukannya segmentasi pasar! |
0 comments:
Posting Komentar