Senin, 24 Mei 2021

SOAL MARKETING X BDP SMK SEMESTER GANJIL 2018

 

1.         Pemasaran adalah suatu proses sosial dan manajerial yang didalamnya individu dan kelompok mendapatkan apa yang mereka butuhkan dan diinginkan dengan menciptakan, menawarkan, dan mempertukarkan produk yang bernilai dengan pihak lain hal ini merupakan pengertian pemasaran menurut ....

A.   David beckham

B.    Adam smith

C.    Philip kotler

D.   American marketing asociation

E.    Marc marquez

2.         Pemasaran dipandang sebagai kegiatan yang dapat menawarkan berbagai alternatif alat pemuas kebutuhan. Hal ini merupakan segi positif pemasaran dilihat dari sisi ....

A.      Produsen

B.      Konsumen

C.      Distributor

D.      Pemerintah

E.       Pemasok

3.         Jika kepuasan dan kebutuhan konsumen terpenuhi, maka akan berdampak pada hasil penjualan produknya yang ....

A.      Stabil

B.      Tetap

C.      Menurun

D.      Meningkat

E.       Defisit

4.         Segala sesuatu yang dapat ditawarkan untuk memuaskan suatu kebutuhan dan keinginan disebut ....

A.      Produk

B.      Barang

C.      Jasa

D.      Gagasan

E.       ide

5.         Konsumen, jika diabaikan, biasanya tidak akan membeli produk organisasi dalam jumlah yang cukup. Hal ini merupakan konsep pemasaran yang berupa konsep ....

A.      Menjual/penjualan

B.      Produk

C.      Produksi

D.      Pemasaran

E.       Pemusatan

6.         Tempat dimana perusahaan harus memulai pencariannya atas peluang dan kemungkinan ancaman disebut ...

A.      Tempat produksi

B.      Lingkungan mikro

C.      Lungkungan makro

D.      Kantor

E.       Pabrik

7.         Konsumen berada dalam perilaku pembelian yang kompleks ketika ...

A.      Produsen mempunyai keterlibatan dengan konsumen dalam pembelian barang tertentu

B.      Mereka sangat terlibat dalam pembelian dan mempunyai persepsi yang signifikan mengenai perbedaan diantara merek

C.      Konsumen mempunyai keterlibatan rendah dan tidak terdapat perbedaan yang signifikan antar merek

D.      Konsumen mempunyai keterlibatan yang tinggi dengan pembelian yang mahal, tidak sering atau beresiko, namun terlihat sedikit perbedaan antar merek

E.       Konsumen mempunyai tingkat keterlibatan yang rendah tetapi mempersepsikan adanya perbedaan merek yang signifikan.

8.         Pada proses ini, pusat pembelian juga harus memutuskan berapa banyak pemasok yang akan digunakan. Hal ini merupakan proses pembelian di pasar industri berupa proses ....

A.      Pemilihan pemasok

B.      Pencarian pemasok

C.      Spesifikasi produk

D.      Pengenalan masalah

E.       Penjabaran kebutuhan secara umum

9.         Pembagian suatu pasar yang heterogen ke dalam satuan-satuan pembeli yang homogen, di mana kepada setiap satuan pembeli yang homogen tersebut dijadikan sasaran pasar yang dicapai dengan marketing mix tersendiri disebut ....

A.      Kelompok pasar

B.      Segmentasi pasar

C.      Keseimbangan pasar

D.      Pasar bebas

E.       Diferensiasi produk

10.     Segmentasi geografis membagi pasar menjadi beberapa unit/kelompok sesuai dengan gambaran ...

A.      Wilayah/tempatnya

B.      Kebiasaan konsumen

C.      Penduduknya

D.      Umur

E.       Gaya hidup

11.     Berikut yang termasuk faktor demografis adalah ...

A.      Sikap

B.      Wilayah

C.      Pendapatan

D.      Kepribadian

E.       penduduk

12.     Berikut yang termasuk faktor psikografis adalah ....

A.      Agama

B.      Kepribadian

C.      Penghasilan

D.      Penduduk

E.       Jenis kelamin

13.     Perusahaan produk fashion menggunakan tingkatan umur dan perbedaan jenis kelamin untuk memasarkan produknya, berarti perusahaan melakukan segmentasi ...

A.      Geografis

B.      Demografis

C.      Psikografis

D.      Morfografis

E.       Tingkah laku

14.     Salah satu alasan dilakukannya segmentasi pasar karena pasar bersifat ....

A.      Kompleks

B.      Dinamis

C.      Homogen

D.      Statis

E.       Labil

15.     Salah satu strategi dalam melakukan diferensiasi produk meliputi merk, logo, dan asosiasi karakter. Hal tersebut merupakan diferensiasi produk melalui ....

A.      Saluran

B.      Citra perusahaan

C.      Produk

D.      Servis

E.       Sumber daya manusia

16.     Setiap produsen menginginkan barang dan jasa yang diproduksi dapat segera sampai ke tangan konsumen. Mekanisme yang dilakukan adalah melalui ....

A.      Toko

B.      Pasar

C.      Sekolah

D.      Koperasi

E.       Tempat kursus

17.     Komunikasi anda harus benar-benar menuju pada satu titik di mana anda tampil beda dan meninggalkan pesaing, merupakan kriteria  untuk mengkomunikasikan diferensiasi, yaitu ....

A.      Simple

B.      Focus

C.      Interest

D.      Rent

E.       Meaningfull

18.     Konsumen dapat memperoleh informasi dari berbagai sumber, salah satunya berasal dari organisasi. Organisasi termasuk sumber ....

A.      Pribadi

B.      Komersial

C.      Publik

D.      Internal

E.       Material

19.     Segala sesuatu yang dapat ditawarkan produsen untuk diperhatikan, diminta, dicari, dibeli, digunakan, atau dikonsumsi pasar sebagai pemenuhan kebutuhan atau keinginan pasar yang bersangkutan disebut ....

A.      Produk

B.      Barang

C.      Jasa

D.      Sale

E.       Indent

20.     Berikut ini yang merupakan pengertian dari produk utama, yaitu ....

A.      Segala macam tambahan dan perubahan yang mungkin dikembangkan untuk suatu produk di masa mendatang

B.      Produk dasar yang mampu memenuhi fungsi produk yang paling dasar

C.      Produk formal yang ditawarkan dengan berbagai atribut dan kondisinya secara normal (layak) doharapkan dan disepakati untuk dibeli

D.      Manfaat yang sebenarnya dibutuhkan dan akan dikonsumsi oleh pelanggan dari setiap produk.

E.       Berbagai atribut produk yang dilengkapi atau ditambahi berbagai manfaat dan layanan, sehingga dapat memberikan tambahan kepuasan dan bisa dibedakan dengan produk pesaing.

21.     Sekumpulan produk di dalam kelas produk yang berhubungan erat adalah ....

A.      Lini produk

B.      Need family

C.      Product family

D.      Tipe produk

E.       merek

22.     Berikut ini yang termasuk dalam barang tahan lama, yaitu ....

A.      Sabun

B.      Televisi

C.      Kapur tlis

D.      Garam

E.       Gula

23.     Barang-barang yang sebetulnya sudah ada dan diketahui konsumen, tetapi tidak terpikirkan untuk membelinya disebut ...

A.      Regularly unsought products

B.      New unsought products

C.      Specialty good

D.      Unsought goods

E.       Shopping goods

24.     Barang berwujud yang biasanya bisa bertahan dengan banyak pemakaian (umur ekonomisnya untuk pemakaian normal adalah satu tahun atau lebih) disebut ....

A.      Services

B.      Durable goods

C.      Nondurable goods

D.      Convienence goods

E.       Shopping goods

25.     Kegiatan meramalkan atau merencanakan permintaan produk untuk suatu periode tertentu disebut ....

A.      Planning

B.      Organization

C.      Actuating

D.      Evaluation

E.       Forecasting

26.     Perusahaan membentuk semacam kelompok yang terdiri atas enam sampai sepuluh orang. Mereka diminta untuk mengajukan usul dan ide sebanyak mungkin dalam jangka waktu tertentu. Hal tersebut merupakan teknik menghasilkan ide dengan ....

A.      Brainstorming

B.      Daftar atribut

C.      Analisis morfologi

D.      Identifikasi kebutuhan

E.       Forced relationship

27.     Proses menciptakan dan mengembangkan spesifikasi produk yang dapat mengoptimalkan fungsi, nilai, dan tampilan produk disebut proses ....

A.      Aplikasi desain industri

B.      Pengembangan arsitektur produk

C.      Penilaian atas persyaratan/kebutuhan manufaktur

D.      Pengujian pasar

E.       Penyesuaian produk

28.     Dalam tahap ini produk mulai dikenal konsumen dan mengalami kenaikan volume penjualan. Merupakan tahap daur hidup produk berupa tahap ....

A.      Perkenalan

B.      Pertumbuhan

C.      Penurunan

D.      Modifikasi

E.       kedewasaan

29.     Kebutuhan inti/dasar yang membentuk product family disebut ....

A.      Product line

B.      Product type

C.      Product family

D.      Product class

E.       Need family

30.     Sabun ditinjau dari segi ketahanan barangnya termasuk barang ....

A.      Primer

B.      Tahan lama

C.      Tidak tahan lama

D.      Sekunder

E.       Pelengkap

 

 

 


 

PETUNJUK  KHUSUS :

Untuk soal nomor 1 – 5 adalah Soal Uraian jawablah dengan benar!

 

1.

Jelaskan tentang nilai positif kegiatan pemasaran!

2.

Sebutkan tiga tujuan secara garis besardari pemasaran?

3.

Sebutkan tiga aset utama perusahaan sebagai upaya diferensiasi produk!

4.

Sebutkan empat kriteria untuk menentukan posisi pasar!

5.

Sebutkan tiga tujuan dilakukannya segmentasi pasar!

0 comments:

Posting Komentar