ANALISIS PASAR
1. Pengertian Analisis Pasar
Sebelum anda membaca subbab ini, kami
ingin bertanya, apakah anda sudah memahami tentang pengertian pasar? Jangan
tersinggung ya, kami tanyakan seperti ini, supaya jangan sampai anda belajar
tentang analisis pasar tanpa mengetahui tentang pengertian pasar. Jika anda
lupa tentang pasar, kami ingatkan kembali. Jadi, pengertian pasar adalah tempat
bertemunya antara penjual dan pembeli untuk melakukan transaksi jual beli. Di
zaman modern seperti sekarang ini, tempat bertemunya antara penjual dan pembeli
tidak harus secara langsung, namun juga bisa melakukan melalui media internet.
Sudah paham ya, tentang pengertian
pasar. Nah, selanjutnya yang akan kita bahas adalah pengertian analisis pasar.
Analisis pasar terdiri dari dua kata, yaitu analisis dan pasar. Analisis adalah
suatu kegiatan untuk mencermati dan mengamati secara terperinci sesuatu objek
dengan cara menguraikan unsur-unsur pembentuknya atau penyusunnya untuk dikaji
lebih lanjut. Sesuatu objek yang dimaksud dalam hal ini adalah produk dan data
calon pelanggan yang berupa perilaku, keinginan dan lain-lain yang berhubungan
dengan produk dan layanan.
Sedangkan pasar sendiri merupakan salah
satu dari berbagai alur yang beraturan (sistem), institusi atau lembaga,
prosedur, hubungan sosial dan infrastruktur (tempat) di mana usaha menjual
barang, jasa dan tenaga kerja untuk orang-orang dengan imbalan uang
Jadi, Analisis pasar adalah suatu
analisis yang dilakukan untuk mempelajari berbagai masalah pasar. Analisis
pasar menyangkut lokasi pasar, luas pasar, sifat pasar, dan karakteristik
pasar. Dengan analisis pasar dapat diketahui pula siapa saja yang membutuhkan
produk atau jasa yang ditawarkan, di mana produk atau jasa tersebut dibutuhkan,
dan kualitas produk seperti apa yang dibutuhkan para konsumen. Dari sini dapat
juga mengetahui seberapa besar permintaan dan potensi permintaan, kapan
permintaan tersebut memuncak dan kapan permintaan tersebut menurun dari
konsumen. yang akan mempermudah saat merencanakan strategi bisnis dan dapat
menghasilkan keuntungan yang besar atau optimal
2. Ruang Lingkup Analisis Pasar
Setelah memahami tentang pengertian
analisis pasar, maka selanjutnya yang akan kita pelajari adalah ruang lingkup
analisis pasar. Ketika kita akan memasarkan suatu produk perusahaan, maka
sebelumnya, kita harus melakukan analisis pasar. Analisis pasar merupakan
bagian penting dalam prosedur yang dijalankan oleh perusahaan. Dengan adanya
analisis pasar, manajer pemasaran dapat mengidentifikasikan kebutuhan dan
keinginan para konsumen/ para pembeli barang dan jasa. Selain itu, adanya
analisis pasar akan memberikan kesempatan kepada perusahaan untuk
memperkenalkan produk baru atau mengubah, memperbaiki, dan melengkapi produk
yang telah di buat.
Pada dasarnya ruang lingkup analisis
pasar mencakup tentang :
a. Pengumpulan data dan fakta yang
berhubungan dengan bidang pemasaran
b. Penafsiran data dan fakta yang
berhubungan dengan bidang pemasaran.
c. Penyimpulan data dan fakta yang
berhubungan dengan bidang pemasaran.
d. Pengendalian dalam bidang pemasaran.
Sedangkan secara umum, ruang lingkup
analisis pasar itu mencakup permasalahan mengenai :
a. Barang dan jasa yang dipasarkan
Barang-barang dan jasa yang diproduksi
oleh perusahaan, berdasarkan analisis pasar yaitu:
1) Jenis dan sifat barang.
2) Kuantitas dan kualitas barang.
3) Warna dan ukuran barang.
4) Merek dan harga barang
5) Desain dan model barang
6) Barang-barang industri dan konsumsi
b. Letak pasar, sifat dan karakteristik
pasar
Seorang manajer pemasaran harus
mengetahui tentang letak pasar berikut sifat dan karakteristik pasar yang akan
dituju. Tujuannya, untuk mempermudah manajer pemasaran melaksanakan target
market, market strategi dan segmentasi pasar
c. Organisasi pembelian
Di sini, seorang manajer pemasaran harus
mengetahui siapa yang membeli barang, siapa yang menggunakan barang, siapa yang
paling berpengaruh di dalam pembelian barang, dan lain sebagainya
d. Kegiatan pembelian
Kegiatan pembelian meliputi dari siapa
pembelian barang dilakukan, di mana pembelian barang dilakukan, berapa harga
barang, berapa banyaknya barang yang dibeli, bagaimana persyaratan dalam
pembelian barang, dan bagaimana cara pembeliannya.
e. Perkembangan pembelian
Di dalam analisis pasar, perusahaan
harus mengetahui bagaimana perkembangan harga barang, bagaimana persediaan
barang, bagaimana keadaan persaingannya, bagaimana keadaan permintaan dan
penawarannya
f. Saingan perusahaan
Di dalam analisis pasar, perusahaan
harus mengetahui keadaan persaingannya, apakah ada saingan yang melakukan
tindakan mengejutkan atau adakah saingan yang tidak sehat.
g. Pola pembelian
Di dalam analisis pasar, perusahaan
perlu mengetahui dan mengkaji kebutuhan dan keinginan, serta pola pembeliannya.
Seperti kita ketahui bahwa pola pembelian para konsumen di pasar sangat
berbeda-beda. Perencanaan pemasaran perusahaan sangat penting sekali bagi
keberhasilan jangka panjang perusahaan dan sama pentingnya untuk para manajer
pemasaran yang mengembangkan strategi pemasaran yang efektif. Begitu pula
mengenai analisis pasar adalah sangat penting di dalam
menentukan suatu keputusan yang efektif
di dalam bidang pemasaran.
3. Tujuan Analisis Pasar
Ada beberapa tujuan utama dalam analisis
pasar, antara lain mengidentifikasi kebutuhan konsumen yang ingin dipenuhi oleh
perusahaan, dan menetapkan cara merancang serta menetapkan tawaran yang dapat
memuaskan kebutuhan tersebut. Analisis ini menuntut kebutuhan manajer pemasaran
dalam memahami berbagai produk alternatif dan substitusi yang tersedia bagi
para pelanggan potensial dan proses-proses yang digunakan konsumen dalam
memutuskan pemilihan merek dan produk.
Berikut ini tujuan analisis pasar secara
rinci, antara lain :
a. Mengenal lingkungan pasar
b. Mengenal tipe-tipe pasar
c. Mengetahui karakteristik pasar.
d. Menentukan keputusan yang tepat.
e. Menghadapi para pesaing.
f. Melaksanakan kebijakan dalam pemasaran.
g. Membuat program dalam bidang
pemasaran.
h. Mengenal ciri-ciri pasar
4. Faktor yang Memengaruhi Analisis
Pasar
Salah satu faktor yang memengaruhi
analisis pasar adalah tingkat frekuensi para konsumen atau para pembeli dalam
membeli suatu barang Hal ini ditandai dengan sering tidaknya membeli barang dan
bergantung pada tingkat konsumsi barang tersebut.
Adapun faktor-faktor yang dapat
memengaruhi tingkat konsumsi dalam pembelian barang-barang adalah :
a. Faktor umur
b. Faktor pendidikan
c. Faktor selera
d. Faktor agama
e. Faktor budaya
f. Faktor musim
Beberapa permasalahan dalam ruang
lingkup analisis pasar, meliputi :
a. Barang dan jasa yang dipasarkan
b. Letak pasar, sifat dan karakteristik
pasar
c. Organisasi pembelian
d. Kegiatan pembelian
e. Perkembangan pembelian
f. Saingan perusahaan
Apabila pada kenyataannya hasil produksi
tidak sesuai dengan keinginan dan kebutuhan para konsumen, hal ini menandakan
bahwa perusahaan yang bersangkutan mengalami kegagalan dalam usahanya.
Barang-barang yang dihasilkan oleh perusahaan, berfungsi atau tidaknya
ditentukan oleh para konsumen. Suatu barang yang mempunyai manfaat atau nilai
guna, ada kemungkinan tidak akan dibeli jika barang tersebut tidak dikenal oleh
para konsumen. Oleh karena itu perusahaan harus cepat mempromosikan
barang-barang yang dibuat agar dapat memengaruhi para konsumen, serta agar
dapat menciptakan permintaan
5. Keuntungan/ Kelebihan Analisis Pasar
Setelah melakukan suatu analisis pasar,
dalam rangka menggiatkan penjualan barang-barangnya, perusahaan akan
mendapatkan keuntungan sebagai berikut
a. Perusahaan dapat meningkatkan omset
penjualan barangnya.
b. Perusahaan akan memperoleh keuntungan
yang diharapkan
c. Perusahaan dapat meningkatkan
produksinya
d. Barang-barang perusahaan yang
bersangkutan akan menjadi terkenal.
e. Hasil produksi perusahaan akan
digemari konsumen
f. Perusahaan dapat mempertahankan
kelangsungan hidupnya
SIMAK VIDEO BERIKUT INI!!
Komentar
Posting Komentar