Kamis, 30 April 2020

ANALISIS PASAR



1. Pengertian Analisis Pasar
Sebelum anda membaca subbab ini, kami ingin bertanya, apakah anda sudah memahami tentang pengertian pasar? Jangan tersinggung ya, kami tanyakan seperti ini, supaya jangan sampai anda belajar tentang analisis pasar tanpa mengetahui tentang pengertian pasar. Jika anda lupa tentang pasar, kami ingatkan kembali. Jadi, pengertian pasar adalah tempat bertemunya antara penjual dan pembeli untuk melakukan transaksi jual beli. Di zaman modern seperti sekarang ini, tempat bertemunya antara penjual dan pembeli tidak harus secara langsung, namun juga bisa melakukan melalui media internet.

Sudah paham ya, tentang pengertian pasar. Nah, selanjutnya yang akan kita bahas adalah pengertian analisis pasar. Analisis pasar terdiri dari dua kata, yaitu analisis dan pasar. Analisis adalah suatu kegiatan untuk mencermati dan mengamati secara terperinci sesuatu objek dengan cara menguraikan unsur-unsur pembentuknya atau penyusunnya untuk dikaji lebih lanjut. Sesuatu objek yang dimaksud dalam hal ini adalah produk dan data calon pelanggan yang berupa perilaku, keinginan dan lain-lain yang berhubungan dengan produk dan layanan.

Sedangkan pasar sendiri merupakan salah satu dari berbagai alur yang beraturan (sistem), institusi atau lembaga, prosedur, hubungan sosial dan infrastruktur (tempat) di mana usaha menjual barang, jasa dan tenaga kerja untuk orang-orang dengan imbalan uang

Jadi, Analisis pasar adalah suatu analisis yang dilakukan untuk mempelajari berbagai masalah pasar. Analisis pasar menyangkut lokasi pasar, luas pasar, sifat pasar, dan karakteristik pasar. Dengan analisis pasar dapat diketahui pula siapa saja yang membutuhkan produk atau jasa yang ditawarkan, di mana produk atau jasa tersebut dibutuhkan, dan kualitas produk seperti apa yang dibutuhkan para konsumen. Dari sini dapat juga mengetahui seberapa besar permintaan dan potensi permintaan, kapan permintaan tersebut memuncak dan kapan permintaan tersebut menurun dari konsumen. yang akan mempermudah saat merencanakan strategi bisnis dan dapat menghasilkan keuntungan yang besar atau optimal

2. Ruang Lingkup Analisis Pasar
Setelah memahami tentang pengertian analisis pasar, maka selanjutnya yang akan kita pelajari adalah ruang lingkup analisis pasar. Ketika kita akan memasarkan suatu produk perusahaan, maka sebelumnya, kita harus melakukan analisis pasar. Analisis pasar merupakan bagian penting dalam prosedur yang dijalankan oleh perusahaan. Dengan adanya analisis pasar, manajer pemasaran dapat mengidentifikasikan kebutuhan dan keinginan para konsumen/ para pembeli barang dan jasa. Selain itu, adanya analisis pasar akan memberikan kesempatan kepada perusahaan untuk memperkenalkan produk baru atau mengubah, memperbaiki, dan melengkapi produk yang telah di buat.

Pada dasarnya ruang lingkup analisis pasar mencakup tentang :
a. Pengumpulan data dan fakta yang berhubungan dengan bidang pemasaran
b. Penafsiran data dan fakta yang berhubungan dengan bidang pemasaran.
c. Penyimpulan data dan fakta yang berhubungan dengan bidang pemasaran.
d. Pengendalian dalam bidang pemasaran.

Sedangkan secara umum, ruang lingkup analisis pasar itu mencakup permasalahan mengenai :
a. Barang dan jasa yang dipasarkan
Barang-barang dan jasa yang diproduksi oleh perusahaan, berdasarkan analisis pasar yaitu:
1) Jenis dan sifat barang.
2) Kuantitas dan kualitas barang.
3) Warna dan ukuran barang.
4) Merek dan harga barang
5) Desain dan model barang
6) Barang-barang industri dan konsumsi

b. Letak pasar, sifat dan karakteristik pasar
Seorang manajer pemasaran harus mengetahui tentang letak pasar berikut sifat dan karakteristik pasar yang akan dituju. Tujuannya, untuk mempermudah manajer pemasaran melaksanakan target market, market strategi dan segmentasi pasar

c. Organisasi pembelian
Di sini, seorang manajer pemasaran harus mengetahui siapa yang membeli barang, siapa yang menggunakan barang, siapa yang paling berpengaruh di dalam pembelian barang, dan lain sebagainya

d. Kegiatan pembelian
Kegiatan pembelian meliputi dari siapa pembelian barang dilakukan, di mana pembelian barang dilakukan, berapa harga barang, berapa banyaknya barang yang dibeli, bagaimana persyaratan dalam pembelian barang, dan bagaimana cara pembeliannya.

e. Perkembangan pembelian
Di dalam analisis pasar, perusahaan harus mengetahui bagaimana perkembangan harga barang, bagaimana persediaan barang, bagaimana keadaan persaingannya, bagaimana keadaan permintaan dan penawarannya

f. Saingan perusahaan
Di dalam analisis pasar, perusahaan harus mengetahui keadaan persaingannya, apakah ada saingan yang melakukan tindakan mengejutkan atau adakah saingan yang tidak sehat.



g. Pola pembelian
Di dalam analisis pasar, perusahaan perlu mengetahui dan mengkaji kebutuhan dan keinginan, serta pola pembeliannya. Seperti kita ketahui bahwa pola pembelian para konsumen di pasar sangat berbeda-beda. Perencanaan pemasaran perusahaan sangat penting sekali bagi keberhasilan jangka panjang perusahaan dan sama pentingnya untuk para manajer pemasaran yang mengembangkan strategi pemasaran yang efektif. Begitu pula mengenai analisis pasar adalah sangat penting di dalam
menentukan suatu keputusan yang efektif di dalam bidang pemasaran.

3. Tujuan Analisis Pasar
Ada beberapa tujuan utama dalam analisis pasar, antara lain mengidentifikasi kebutuhan konsumen yang ingin dipenuhi oleh perusahaan, dan menetapkan cara merancang serta menetapkan tawaran yang dapat memuaskan kebutuhan tersebut. Analisis ini menuntut kebutuhan manajer pemasaran dalam memahami berbagai produk alternatif dan substitusi yang tersedia bagi para pelanggan potensial dan proses-proses yang digunakan konsumen dalam memutuskan pemilihan merek dan produk.

Berikut ini tujuan analisis pasar secara rinci, antara lain :
a. Mengenal lingkungan pasar
b. Mengenal tipe-tipe pasar
c. Mengetahui karakteristik pasar.
d. Menentukan keputusan yang tepat.
e. Menghadapi para pesaing.
f. Melaksanakan kebijakan dalam pemasaran.
g. Membuat program dalam bidang pemasaran.
h. Mengenal ciri-ciri pasar

4. Faktor yang Memengaruhi Analisis Pasar
Salah satu faktor yang memengaruhi analisis pasar adalah tingkat frekuensi para konsumen atau para pembeli dalam membeli suatu barang Hal ini ditandai dengan sering tidaknya membeli barang dan bergantung pada tingkat konsumsi barang tersebut.

Adapun faktor-faktor yang dapat memengaruhi tingkat konsumsi dalam pembelian barang-barang adalah :
a. Faktor umur
b. Faktor pendidikan
c. Faktor selera
d. Faktor agama
e. Faktor budaya
f. Faktor musim

Beberapa permasalahan dalam ruang lingkup analisis pasar, meliputi :
a. Barang dan jasa yang dipasarkan
b. Letak pasar, sifat dan karakteristik pasar
c. Organisasi pembelian
d. Kegiatan pembelian
e. Perkembangan pembelian
f. Saingan perusahaan

Apabila pada kenyataannya hasil produksi tidak sesuai dengan keinginan dan kebutuhan para konsumen, hal ini menandakan bahwa perusahaan yang bersangkutan mengalami kegagalan dalam usahanya. Barang-barang yang dihasilkan oleh perusahaan, berfungsi atau tidaknya ditentukan oleh para konsumen. Suatu barang yang mempunyai manfaat atau nilai guna, ada kemungkinan tidak akan dibeli jika barang tersebut tidak dikenal oleh para konsumen. Oleh karena itu perusahaan harus cepat mempromosikan barang-barang yang dibuat agar dapat memengaruhi para konsumen, serta agar dapat menciptakan permintaan

5. Keuntungan/ Kelebihan Analisis Pasar
Setelah melakukan suatu analisis pasar, dalam rangka menggiatkan penjualan barang-barangnya, perusahaan akan mendapatkan keuntungan sebagai berikut
a. Perusahaan dapat meningkatkan omset penjualan barangnya.
b. Perusahaan akan memperoleh keuntungan yang diharapkan
c. Perusahaan dapat meningkatkan produksinya
d. Barang-barang perusahaan yang bersangkutan akan menjadi terkenal.
e. Hasil produksi perusahaan akan digemari konsumen
f. Perusahaan dapat mempertahankan kelangsungan hidupnya


SIMAK VIDEO BERIKUT INI!!



0 comments:

Posting Komentar