Kamis, 16 April 2020

Iklan PPC dengan Google Adwords

Iklan PPC dengan Google Adwords

1. Iklan dapat diartikan sebagai salah sau jenis komunikasi komersial dengan menggunakan suatu media untuk menyiarkan informasi produk kepada konsumen.
2. Fungsi iklan adalah untuk menarik perhatian konsumen sehingga tertarik untuk mencoba produk dan melakukan pembelian serta apabila konsumen puas akan menjadi konsumen yang loyal pada produk perusahaan. Selain itu, iklan digunakan sebagai sarana untuk menyampaikan informasi produk.
3. Iklan online adalah metode periklanan dengan menggunakan media internet dan layanannya, misalnya web (world wide web) dengan tujuan menyampaikan pesan pemasaran (promosi) agar pelanggan tertarik dan membeli produk yang ditawarkan.
4. Adapun tujuan dari iklan online, sebagai berikut.
a.  Menginformasikan konsumen tentang merek-merek baru, mendidik mereka tentang berbagai fitur dan manfaat merek, serta memfasilitasi penciptaan citra merek yang positif.
b.  Membangun kesadaran (awareness) merek, membuat konsumen sadar akan sebuah merek atau produk merupakan tujuan jangka panjang yang penting bagi setiap pemasar.
c.  Menjangkau pelanggan baru dan menciptakan permintaan konsumen.
d. Mempersuasi (membujuk) konsumen untuk mencoba produk dan jasa yang diiklankan.
e.  Membangun loyalitas konsumen.
5. Jenis iklan online, antara lain iklan teks, iklan display, dan iklan multimedia.
6. Pay per click atau biaya per klik merupakan sistem pengiklanan menggunakan media internet di mana pemasang iklan akan dikenai biaya ketika pengguna internet mengklik iklan yang ditampilkan pada halaman web.
7. Ada beberapa langkah jika Anda ingin beriklan menggunakan biaya per klik, yaitu:
a.  Membuat konten dari iklan yang akan ditawarkan.
b.  Membuat salinan iklan yang akan ditampilkan.
c.  Menentukan lokasi atau tempat iklan ditampilkan dalam web.
d. Memilih kata kunci yang digunakan agar iklan dapat ditampilkan.
e.  Mengatur biaya yang harus dikeluarkan setiap iklan yang diklik.

8. Langkah-langkah yang dilakukan oleh penyedia iklan biaya per klik (platform PPC), sebagai berikut:
a.  Melakukan pengecekan iklan sesuai aturan (pedoman editorial)
b.  Menampilkan iklan sesuai dengan permintaan pencarian (kata kunci) atau kriteria yang lain.
c.  Menentukan peringkat atau posisi iklan berdasarkan tawaran maksimum pengiklan dan keterkaitan/relevansi iklan yang meliputi klik per tayang (click through rate), salinan iklan, kata kunci dan halaman arahan/web yang dituju dengan relevansi pencarian).
9. Adapun kelebihan dari iklan dengan menggunakan PPC, sebagai berikut.
a.  Membayar hanya untuk hasil (klik).
b.  Kemampuan untuk memilih iklan mana yang akan ditampilkan. Hal ini memberikan peluang lebih baik bagi Anda untuk mencapai audiensi yang dituju.
c.  Dapat menghasilkan tampilan langsung.
d. Iklan mudah diubah, disesuaikan bahkan dihapus seketika tergantung hasil.
e.  Pelacakan efektivitas kampanye mudah.
10.     Adapun kekurangan yang dimiliki iklan PPC, sebagai berikut.
a.  Pencocokan yang luas. Hal ini dapat mengakibatkan iklan tidak relevan dengan pencarian yang dimaksudkan.
b.  Penawaran harga untuk memperoleh kata kunci dan istilah bisa lebih mahal.
c.  Persaingan penawaran harga bisa mengakibatkan kompetitor menawarkan harga yang lebih tinggi atau lebih rendah daripada Anda dan itu bisa menurunkan posisi iklan dan mengurangi visibilitasnya.
d. Terjadi kecurangan klik.
e.  Memerlukan pemantauan konstan.

Simak Video berikut ini!


sumber :
https://youtu.be/8mr6M40tTPk



Tugas Mandiri!
  1. Apa yang dimaksud dengan iklan PPC?
  2. Bagaimana langkah-langkah jika Anda ingin beriklan menggunakan biaya per klik?
  3. Sebutkan kelebihan dari iklan dengan menggunakan PPC?
  4. Sebutkan kekurangan yang dimiliki iklan PPC?


0 comments:

Posting Komentar