Laporan
Pemasaran Online
1. Strategi adalah hal penting yang
harus dirumuskan sebelum melakukan kegiatan bisnis. Hal ini dikarenakan dengan
adanya strategi, maka kegiatan bisnis akan berlangsung sesuai dengan tujuan
yang diharapkan.
2. Strategi pemasaran adalah suatu
rencana yang fundamental untuk mencapai tujuan perusahaan dalam jangka panjang
dan bertujuan untuk dapat memuaskan konsumen yang menggunakan produk
perusahaan.
3. Adapun ketiga jenis strategi
pemasaran yang dapat ditempuh perusahaan, sebagai berikut.
Strategi
pemasaran yang tidak membeda-bedakan pasar (undifferentiated marketing).
Strategi
pemasaran yang membeda-bedakan pasar (differentiated marketing).
Strategi
pemasaran yang terkonsentrasi (concentrated marketing).
4. Riset pemasaran adalah suatu proses
mengumpulkan informasi secara sistematis mengenai pemasaran dan seluk-beluknya.
5. Adapun fungsi dari riset pemasaran
bagi perusahaan, sebagai berikut.
a.Evaluating
b.Understanding
c.Predicting
6. Riset pasar yang dapat digunakan
dalam strategi pemasaran terdiri dari beberapa tipe. Adapun tipe riset pasar
yang dasar, yaitu primer-sekunder dan kuantitatif-kualitatif.
7. Adapun ketiga jenis riset
pemasaran, sebagai berikut.
a. Problem solving research
b. Controlling research
c. Planning research
8. Riset pasar bagi pengusaha ataupun
pelaku bisnis merupakan langkah penting karena berbagai hal berikut.
Merupakan
cara yang efektif untuk menentukan produk atau layanan yang layak jual.
Merupakan
sarana manajemen yang efektif dan efisien
Merupakan
sarana yang baik secara metodologi dan statistik.
Merupakan
proses ilmiah yang bersifat netral dan memberikan hasil yang tidak bias/valid.
9. Adapun kriteria yang perlu
diperhatikan dalam melakukan riset pemasaran, sebagai berikut.
Relevan
Efisien
Tepat
waktu
Objektif
Simak video Berikut ini !1
Tugas Mandiri!!
- Apa yang dimaksud dengan riset pemasaran?
- Apa saja kriterian dalam melakukan riset pemasaran?
- Apa saja fungsi riset pemasaran?
- Mengapa riset pasar sangat penting bagi pelaku bisnis?
0 comments:
Posting Komentar