Senin, 27 April 2020

Pemasaran Dengan Media Sosial


Pemasaran Dengan Media Sosial

1. Media sosial adalah sebuah media online, dimana para penggunanya dengan mudah berpartisipasi, berbagi, dan menciptakan isi meliputi blog, jejaring sosial, forum dan dunia virtual.
2. Ciri-ciri media sosial yaitu pesan yang disampaikan tidak hanya untuk satu orang saja namun bisa ke berbagai banyak orang contohnya pesan melalui SMS atau Internet; pesan yang disampaikan bebas, tanpa harus melalui suatu gatekeeper; pesan yang disampaikan cenderung lebih cepat dibanding media lainnya; penerima pesan disampaikan cenderung menentukan waktu interaksi
3. Jenis-jenis media sosial menurut kaplan dan haenlein yaitu proyek kolaborasi, blog, konten, situs jejaring sosial, virtual game world, virtual social world
4. Contoh aplikasi media sosial yaitu facebook, whatsapp, youtube, twitter, instagram, dll
5.      Pemasaran media sosial (social media marketing) adalah strategi, teknik, atau proses mendapatkan trafik (pengunjung) website atau perhatian melalui situs media sosial, seperti twitter, facebook, youtube, dan sebagainya.
6.      Berikut adalah kelebihan dari pemasaran dengan media sosial.
a.  Sosial media bisa dimanfaatkan untuk menjalin hubungan baik dengan konsumen dan menjadikan para konsumen tetap berhubungan dengan produk atau jasa secara pribadi (personal).
b.  Keberadaan sebuah produk atau jasa di sosial media bisa menjadi sarana yang mudah bagi konsumen untuk menyampaikan saran dan keluhannya, sehingga produsen bisa merespons dengan cepat dan personal.
c.  Sosial media bisa menjadi cara baru dalam memasarkan produk atau jasa dari mulut ke mulut.
7.      Kelemahan pemasaran dengan sosial media, yaitu:
a.   Para konsumen bisa melarikan diri atau tidak bertanggung jawab, karena pemilik bisnis dan konsumen tidak bertemu secara langsung.
b.  Menimbulkan kekecewaan atas adanya produk atau jasa yang tidak sesuai dengan apa yang ditampilkan pada penawaran yang ada.
c. Dapat menyebabkan konsumen menyatakan kekecewaannya atas permintaan yang tidak sama dengan yang diinginkannya, sehingga dapat diketahui secara umum oleh pengguna media sosial yang lain.

Simak Video berikut ini!!



Tugas Mandiri!!
  1. Apa yang dimaksud dengan media sosial?
  2. Apa yang dimaksud dengan pemasaran media sosial?
  3. Sebutkan kelebihan dari pemasaran media sosial!
  4. Sebutkan kelemahan dari pemasaran dengan media sosial!




0 comments:

Posting Komentar