Senin, 20 April 2020

Media Sosial

Media Sosial

sumber : https://images.app.goo.gl/L7tj3zy9GPcFXzbCA



1. Media sosial adalah sebuah media online, dimana para penggunanya dengan mudah berpartisipasi, berbagi, dan menciptakan isi meliputi blog, jejaring sosial, forum dan dunia virtual.

2. Ciri-ciri media sosial yaitu pesan yang disampaikan tidak hanya untuk satu orang saja namun bisa ke berbagai banyak orang contohnya pesan melalui SMS atau Internet; pesan yang disampaikan bebas, tanpa harus melalui suatu gatekeeper; pesan yang disampaikan cenderung lebih cepat dibanding media lainnya; penerima pesan disampaikan cenderung menentukan waktu interaksi

3. Jenis-jenis media sosial menurut kaplan dan haenlein yaitu proyek kolaborasi, blog, konten, situs jejaring sosial, virtual game world, virtual social world

4. Contoh aplikasi media sosial yaitu facebook, whatsapp, youtube, twitter, instagram, dll

5. Fungsi Media Sosial
    Setelah memahami pengertian media sosial dan karakteristiknya, tentunya kita juga perlu tahu apa saja fungsinya. Berikut ini adalah beberapa fungsi media sosial secara umum:
Memperluas interaksi sosial manusia dengan memanfaatkan teknologi internet dan website.
Menciptakan komunikasi dialogis antara banyak audiens (many to many).
Melakukan transformasi manusia yang dulunya pemakai isi pesan berubah menjadi pesan itu sendiri.
Membangun personal branding bagi para pengusaha ataupun tokoh masyarakat.
Sebagai media komunikasi antara pengusaha ataupun tokoh masyarakat dengan para pengguna media sosial lainnya.

6. Tujuan Media Sosial
Seperti yang disebutkan pada definisi media sosial di atas, salah satu tujuannya adalah sebagai media komunikasi alternatif bagi masyarakat. Berikut ini adalah beberapa tujuan menggunakan media sosial secara umum:

1. Aktualisasi Diri
Bagi sebagian besar orang, media sosial merupakan tempat untuk aktualisasi diri. Mereka menjunjukkan bakat dan keunikan di media sosial sehingga dapat dilihat banyak orang. Tidak heran kenapa saat ini banyak artis berlomba-lomba untuk terkenal di media sosial mereka.

2. Membentuk Komunitas
Komunitas online sangat mudah ditemukan saat ini, baik itu di situs forum maupun di situs social network lainnya. Media sosial menjadi wadah tempat berkumpulnya masyarakat online yang memiliki minat yang sama untuk saling berkomunikasi dan bertukar informasi atau pendapat.

3. Menjalin Hubungan Pribadi
Media sosial juga berperan penting dalam aktivitas menjalin hubungan personal dengan orang lain secara pribadi. Ada banyak sekali pengguna media sosial yang menemukan pasangan hidup, sahabat, rekan bisnis, di media sosial.

4. Media Pemasaran
Pengguna media sosial yang jumlahnya sangat banyak tentu saja menjadi tempat yang sangat potensial untuk memasarkan sesuatu. Bisnis online yang banyak berkembang sekarang ini banyak dipengaruhi oleh media sosial sebagai tempat promosi.




Simak video berikut ini!


sumber : https://youtu.be/H2eYZfmZc70

Tugas Mandiri!!

  1. Apa yang dimaksud dengan media sosial?
  2. Apa ciri-ciri media sosial?
  3. Apa saja jenis jenis media sosial?
  4. Sebutkan contoh dari media sosial?



0 comments:

Posting Komentar