Pengertian, Fungsi, Jenis Pasar
Pengertian Pasar – Market. Pasar atau
market adalah tempat bertemunya pembeli dan penjual untuk melakukan transaksi
ekonomi yaitu membeli atau menjual barang dan jasa atau sumber daya ekonomi
atau faktor-faktor produksi lainnya. Pada dasarnya pasar tidak menunjuk pada
suatu lokasi atau tempat tertentu, karena pasar tidak mempunyai batas-batas
geografis.
Sistem jaringan komunikasi modern telah
mampu meniadakan hambatan atau batasan goegrafis, sehingga memungkinkan pembeli
dan penjual dapat bertemu/bertransaksi tanpa harus saling melihat wajah
masing-masing.
Pengertian Pasar di sini lebih menitik
beratkan pada arti kegiatan ekonomi yaitu transaksi jual dan beli. Dalam ilmu
ekonnomi pasar didefinisikan sebagai besarnya permintaan dan penawaran pada
suatu jenis barang atau jasa tertentu. Jadi pasar merupakan permintaan dan
penawaran secara keseluruhan untuk
barang dan jasa tertentu. Di sini pasar merujuk pada semua kegiatan penawaran
dan permintaan termasuk untuk tenaga kerja, modal, surat berharga, dan uang.
Pada prinsipnya, kegiatan perekonomian
yang terjadi di pasar didasarkan pada kebebasan bersaing, baik bagi penjual
maupun bagi pembeli. Penjual atau produsen memiliki kebebasan dalam memutuskan
barang atau jasa apa yang harus diproduksi dan yang akan didistribusikannya.
Sedangkan pembeli atau konsumen memiliki kebebasan dalam memilih dan membeli
barang atau jasa sesuai dengan tingkat daya belinya.
Fungsi-Peran Pasar – Market
1. Menetapkan Nilai.
Pasar akan menetapkan harga suatu barang
atau jasa tertentu sesuai dengan permintaan dan penawaran yang terjadi dipasar.
Harga ini merupakan kesepakatan antara pihak pembeli dan penjual.
2. Mengorganisasi Produksi
Pasar akan berperan sebagai organisator
untuk mendapatkan metoda produksi yang paling efesien. Pelaku pasar yaitu
pengusaha akan mencari metoda yang dapat memaksimalkan rasio antara output
produk dengan input sumber daya. Keberhasilan dari efisiensi produksi pada akhir akan dinilai
dengan uang, atau harga produk.
3. Mendistribusikan Produksi
Pasar dapat berperan sebagai distributor
produksi kepada seluruh sumber daya. Pasar akan mendistribusikan pembayaran
kepada pelaku pasar, dalam hal ini sumberdaya atau tenaga kerja sesuai dengan
produktifitasnya. Tenaga kerja atau sumber daya yang paling produktif akan
menerima pembayaran yang paling banyak.
4. Menyelenggarakan Penjatahan
Penjatahan yang dilakukan oleh pasar
akan membatasi konsumsi dari produksi yang tersedia. Setiap pembeli yang ada di pasar akan mendapat jatah sesuai
dengan daya belinya. Pembeli yang daya belinya kuat atau pendapatan tinggi akan
menerima jatah barang lebih banyak daripada pembeli dengan pendapatan rendah.
5. Menyediakan Barang dan Jasa Untuk
Masa Mendatang
Pasar berperan sebagai fasilitator untuk
mengelola tabungan atau saving dan investasi. Investasi berguna untuk
menyediakan barang dan jasa di masa mendatang. Investasi dan tabungan akan
berinteraksi di pasar. Pasar yang memfasilitasi tabungan dan investasi adalah
pasar modal. Investor akan mencari pihak
yang memiliki tabungan untuk keperluan investasinya, dan penabung akan mencari
pihak yang memerlukan modal. Kedua belah pihak ini dapat bertemu di pasar
modal.
Jenis Jenis Pasar
Berdasarkan wujudnya, Pasar dapat
dibedakan atas pasar konkret dan pasar abstrak.
Pasar Konkret
Pasar konkret adalah pasar yang memiliki
tempat untuk bertemunya para pembeli dan penjual sehingga dapat
menyelenggarakan transaksi jual beli. Di pasar ini pembeli dan penjual bertemu
di suatu tempat/pasar secara langsung, barang yang ditransaksikan tersedia atau
secara fisik dapat dilihat di pasar tersebut.
Contoh Pasar Konkret
Pasar konkret seperti pasar tradisional,
super market, mall, dan sebagainya
Pasar Abstrak
Pasar abstrak adalah pasar yang memiliki
tempat untuk bertemunya para pembeli dan penjual yang menyelenggarakan kegiatan
transaksi jual beli barang-barang, namun barang-barang yang ditransaksikan
tidak berada pada tempat tersebut.
Contoh Pasar Abstrak
Contoh pasar abstrak adalah pasar uang,
pasar modal, dan pasar tenaga kerja.
Pasar ini juga mencakup pasar yang tidak
mempertemukan secara langsung antara Pembeli dan penjualnya atau pasar yang
tidak memperlihatkan secara fisik barang-barang yang ditransaksikannya.
Barang secara fisik tidak dapat dilihat,
kecuali spesifikasi atau gambar atau
harga. Aktivitas Pasar ini umumnya ini dilakukan dengan menggunakan fasilitas
komunikasi seperti komputer atau handphone atau televisi melalui sistem
jaringan komunikasi atau internet.
Berdasarkan strukturnya pasar dibedakan
menjadi pasar persaingan sempurna dan pasar persaingan tidak sempurna.
1. Pasar Persaingan Sempurna, Perfect
Competition Market
Pasar persaingan sempurna merupakan
salah satu pasar yang terdiri dari banyak pembeli dan penjual, namun demikian
pembeli dan penjual secara individual atau perseorangan tidak dapat memengaruhi
harga pasar.….
2. Pasar persaingan tidak sempurna:
Pasar persaingan tidak sempurna adalah
pasar yang tidak terorganisasi secara sempurna, atau bentuk pasar dengan salah
satu ciri dari pasar persaingan sempurna tidak terpenuhi. Pasar persaingan
tidak sempurna terdiri dari:
Pengertian dan Ciri – Ciri Pasar
Monopoli
Pasar monopoli adalah suatu bentuk atau
jenis pasar yang hanya terdapat satu kekuatan atau satu penjual atau satu
perusahaan yang menguasai seluruh penawarannya. Pada pasar ini tidak ada pihak
lain yang dapat. Baca Selanjutnya...
Pengertian, Ciri-Ciri Pasar Oligopoli
Pasar oligopoli didefinisikan sebagai
suatu bentuk pasar yang terdiri dari beberapa produsen atau penjual yang
menguasai penawaran. Biasanya terdiri dari dua sampai 10 penjual. Penguasaan
penawaran dalam pasar. Baca Selanjutnya…
Penyebab Timbulnya Pasar Oligopoli
Pasar Oligopoli adalah suatu bentuk
interaksi permintaan dengan penawaran di mana terdapat beberapa penjual/produsen
yang menguasai seluruh permintaan pasar. Ciri-ciri pasar oligopoli adalah
sebagai berikut. Baca Selanjutnya…
Pasar Persaingan Monopolistik
Pasar persaingan monopolistik adalah
suatu bentuk interaksi antara permintaan dan penawaran yang di dalamnya terdapat
sejumlah besar penjual/produsen yang menawarkan barang yang sama, tetapi
masing-masing memiliki ciri-ciri khusus.
Pasar Monopsoni
Pasar monopsoni adalah suatu bentuk
pasar yang dikuasai oleh suatu orang atau badan atau lembaga pembeli dengan
penawaran dari sejumlah penjual atau produsen.
Pasar Oligopsoni
Pasar oligopsoni adalah suatu bentu
pasar yang dikuasai oleh lebih dari dua orang pembeli dengan penawaran dari sejumlah
penjual atau produsen.
https://youtu.be/w0pWKh4QhaE
Daftar Pustaka:
Ahman H., Eeng. Rohmana, Yana, 2007,
“Ilmu Ekonomi dalam PIPS”, Edisi Pertama, Penerbit Unuversitas Terbuka, Jakarta.
Jhingan, M.L., 2008, “Ekonomi
Pembangunan Perencanaan”, Edisi Pertama, PT RajaGrafindo Persada, Jakarta.
Sukirno, S, 2011, “Mikroekonomi Teori
Pengantar”, PT Raja Grafindo Persada, Edisi Ketiga, Cetatakan Ke 26, Jakarta.
Ardra.Bi, 2019, “Cara Pasar Menetapkan
Nilai, Fungsi Pasar Mengorganisasi Produksi, Fungsi Pasar Menyediakan Barang
dan Jasa Untuk Masa Mendatang, Fungsi Pasar Menyelenggarakan Penjatahan, Fungsi
Pasar sebagai fasilitator,
Joesron, Suharti, Tati. Fathorrrazi, M.,
2012, “Teori Ekonomi Mikro”, Edisi Pertama, Graha Ilmu, Yogyakarta.
Sartono, Agus, R., “ 2001, “Manajemen
Keuangan Teori dan Aplikasi”, Edisi Keempat, BPFE Yogyakarta, Yogyakarta.
Ahman, H., E., Rohmana, Y., 2007,”Ilmu
Ekonomi Dalam PIPS”, Edisi Kedua, Cetakan Pertama, Penerbit Universitas
Terbuka, Jakarta.
Ahman, H., E., Rohmana, Y., 2007,”Ilmu
Ekonomi Dalam PIPS”, Edisi Kedua, Cetakan Pertama, Penerbit Universitas
Terbuka, Jakarta.
Sukirno, S, 2011, “Mikroekonomi Teori
Pengantar”, PT Raja Grafindo Persada, Edisi Ketiga, Cetatakan Ke 26, Jakarta.
Ardra.Biz, 2019, “Fungsi-Peran Pasar –
Market, Jenis Cantoh Pasar, kegiatan permintaan dan penawaran barang atau jasa,
kegiatan transaksi jual dan beli, Pasar persaingan sempurna, Pasar persaingan
tidak sempurna, Pengertian Contoh Pasar – Market,
Ardra.Biz, 2019, “Pengertian Jenis Pasar
Monopoli Pasar oligopoly Pasar monopsoni Pasar oligopsoni Pasar monopolistic,
Pengertian Pasar abstrak, Pengertian Pasar konkret, Peran Pasar
Mendistribusikan Produksi, tempat bertemunya pembeli dan penjua
0 comments:
Posting Komentar