IKLAN ONLINE
1.
Iklan dapat
diartikan sebagai salah sau jenis komunikasi komersial dengan menggunakan suatu
media untuk menyiarkan informasi produk kepada konsumen.
2.
Fungsi iklan
adalah untuk menarik perhatian konsumen sehingga tertarik untuk mencoba produk
dan melakukan pembelian serta apabila konsumen puas akan menjadi konsumen yang
loyal pada produk perusahaan. Selain itu, iklan digunakan sebagai sarana untuk
menyampaikan informasi produk.
3.
Iklan online
adalah metode periklanan dengan menggunakan media internet dan layanannya,
misalnya web (world wide web) dengan tujuan menyampaikan pesan pemasaran
(promosi) agar pelanggan tertarik dan membeli produk yang ditawarkan.
4.
Adapun tujuan
dari iklan online, sebagai berikut.
a.
Menginformasikan
konsumen tentang merek-merek baru, mendidik mereka tentang berbagai fitur dan
manfaat merek, serta memfasilitasi penciptaan citra merek yang positif.
b.
Membangun
kesadaran (awareness) merek, membuat konsumen sadar akan sebuah merek
atau produk merupakan tujuan jangka panjang yang penting bagi setiap pemasar.
c.
Menjangkau
pelanggan baru dan menciptakan permintaan konsumen.
d.
Mempersuasi
(membujuk) konsumen untuk mencoba produk dan jasa yang diiklankan.
e.
Membangun
loyalitas konsumen.
5.
Jenis iklan
online, antara lain iklan teks, iklan display, dan iklan multimedia.
6.
Pay per click atau biaya per klik merupakan sistem pengiklanan menggunakan media
internet di mana pemasang iklan akan dikenai biaya ketika pengguna internet
mengklik iklan yang ditampilkan pada halaman web.
7.
Ada beberapa
langkah jika Anda ingin beriklan menggunakan biaya per klik, yaitu:
a.
Membuat konten
dari iklan yang akan ditawarkan.
b.
Membuat salinan
iklan yang akan ditampilkan.
c.
Menentukan
lokasi atau tempat iklan ditampilkan dalam web.
d.
Memilih kata
kunci yang digunakan agar iklan dapat ditampilkan.
e.
Mengatur biaya
yang harus dikeluarkan setiap iklan yang diklik.
8.
Langkah-langkah
yang dilakukan oleh penyedia iklan biaya per klik (platform PPC), sebagai
berikut:
a.
Melakukan
pengecekan iklan sesuai aturan (pedoman editorial)
b.
Menampilkan
iklan sesuai dengan permintaan pencarian (kata kunci) atau kriteria yang lain.
c.
Menentukan
peringkat atau posisi iklan berdasarkan tawaran maksimum pengiklan dan
keterkaitan/relevansi iklan yang meliputi klik per tayang (click through
rate), salinan iklan, kata kunci dan halaman arahan/web yang dituju dengan
relevansi pencarian).
9.
Adapun
kelebihan dari iklan dengan menggunakan PPC, sebagai berikut.
a.
Membayar hanya
untuk hasil (klik).
b.
Kemampuan untuk
memilih iklan mana yang akan ditampilkan. Hal ini memberikan peluang lebih baik
bagi Anda untuk mencapai audiensi yang dituju.
c.
Dapat
menghasilkan tampilan langsung.
d.
Iklan mudah
diubah, disesuaikan bahkan dihapus seketika tergantung hasil.
e.
Pelacakan
efektivitas kampanye mudah.
10.
Adapun
kekurangan yang dimiliki iklan PPC, sebagai berikut.
a.
Pencocokan yang
luas. Hal ini dapat mengakibatkan iklan tidak relevan dengan pencarian yang
dimaksudkan.
b.
Penawaran harga
untuk memperoleh kata kunci dan istilah bisa lebih mahal.
c.
Persaingan
penawaran harga bisa mengakibatkan kompetitor menawarkan harga yang lebih
tinggi atau lebih rendah daripada Anda dan itu bisa menurunkan posisi iklan dan
mengurangi visibilitasnya.
d.
Terjadi
kecurangan klik.
e.
Memerlukan
pemantauan konstan.
Simak video berikut ini!!
Tugas Mandiri!!
- Apa yang dimaksud dengan iklan?
- Apa yang dimaksud dengan iklan online?
- Jelaskan tujuan dari iklan online?
- Sebutkan Jenis iklan online?
Jawaban :
BalasHapus1. Iklan adalah salah sau jenis komunikasi komersial dengan menggunakan suatu media untuk menyiarkan informasi produk kepada konsumen.
2.Iklan online adalah metode periklanan dengan menggunakan media internet dan layanannya.
3.Menginformasikan konsumen tentang merek-merek baru, mendidik mereka tentang berbagai fitur dan manfaat merek, serta memfasilitasi penciptaan citra merek yang positif.
4.iklan teks, iklan display, dan iklan multimedia.