Senin, 27 April 2020

Riset pasar dan informasi pemasaran

Riset pasar dan informasi pemasaran




BAB I
PENDAHULUAN

LATAR BELAKANG
Riset pemasaran dan sistem informasi pemasaran adalah satu kesatuan yang tidak bisa dipisahkan dalam pemasaran, karena riset pemasarna itu sendiri adalah sebagai studi untuk mengetahui keinginan dan kebutuhan dari para konsumen atau nasabah dan sistem informasi pemasaran adalah sebagai tempat untuk pengambilan informasi untuk bisa dijadikan riset dalam pemasaran.
Kedua hal tersebut sangatlah berpengaruh dalam pengambilan keputusan yang akan dilakukan oleh perusahaan, baik keputusan yang berkaitan dengan produk, harga produk, tempat memasarkan, promosi yang dilakukan dan kepada siapa produk tersebut ditujukan.

RUMUSAN MASALAH
Apa pengertian riset pemasaran ?
Apa saja cakupan riset pemasaran ?
Bagaimana proses riset pemasaran ?
Apa pengertian sistem informasi pemasaran ?
Apa saja ruang lingkup sistem informasi pemasaran ?
Bagaimana konsep sistem informasi pemasaran ?

BAB II
PEMBAHASAN

A.RISET PEMASARAN

A.1. PENGERTIAN RISET PEMASARAN
Riset pemasaran adalah studi mengenai kebutuhan dan keinginan nasabah serta cara-cara agar bank dapat memenuhi kebutuhan tersebut. Riset pemasaran dapat diperoleh dengan cara menugaskan mahasiswa atau dosen pada perguruan tinggi setempat, ataupun dapat menyewa suatu perusahaan riset pemasaran.1

A.2.CAKUPAN RISET PEMASARAN
Riset bisnis atau ekonomi dan perusahaan
Lingkungan perusahaan yang terdiri dari pelaku dan kekuatan di luar pemasaran yang mempengaruhi kemampuan manajemen pemasaran untuk membangun dan mempertahankan hubungan yang berhasil dengan pelanggan sasaran. Perusahaan harus terus melakukan pengamatan secara terus menerus dan beradaptasi dengan lingkungan yang bersifat kompleks dan terus berubah-ubah. Dengan mempelajari lingkungan, perusahaan dapat menyesuaikan strategi perusahaan untuk memenuhi tantangan dan peluang pasar yang baru.

Penentuan harga
Penenetapan harga dari suatu produk merupakan hal yang sangat strategis untuk diperhatikan oleh suatu perusahaan.berikut beberapa hal yang perlu diperhatikan yang dapat membantu untuk menentukan harga dari suatu produk dengan tepat agar dapat bersaing dipasaran dan menghasilkan keuntungan yang tinggi bagi perusahaan:

a. Sebaiknya menetapkan harga berdasarkan dari biaya produksi yang dikeluarkan oleh perusahaan. Hal-hal yang perlu diperhatikan dalam menganalisis biaya produksi suatu produk dapat meliputi; biaya pokok, biaya overhead dan biaya penunjang lainya. Dengan menganalisis biaya produksi dalam menentukan harga suatu produk, maka akan membatu perusahaan untuk terhindar dari jurang kerugian.

b. Menetapkan harga berdasarkan permintaan. Oleh karena itu sebelum menetapkan harga dari suatu produk ada baiknya perusahaan terlebih dahulu untuk melakukan riset seberapa besar tingkatan permintaan pasar terhadap produk yang akan dipasarkan. Manajemen pemasaran dalam hal ini akan memilki peran penting dalam menganalisis kebijakan ini. Semakin besar tinggi permintaan dari suatu produk, maka akan semakin tinggi kecenderungan harga yang akan dimiliki dari produk itu sendiri.

Produk
Produk ( Product ) adalah segala sesuatu yang dapat ditawarkan ke pasar untuk mendapatkan perhatian, dibeli, digunakan, atau dikonsumsi yang dapat memuaskan keinginan atau kebutuhan. Dalam definisi secara luas, produk meliputi objek secara fisik, orang, tempat, organisasi, ide, atau bauran dari semua bentuk-bentuk tadi.

Tingkat produksi adalah perencanaan produk perlu memikirkan produk dan jasa atas tiga tingkatan. Tingkatan yang paling dasar adalah produk inti ( core product ), yang ditujukan untuk menjawab pertanyaan : Apa yang sebenarnya dibeli oleh pembeli? Produk inti terdiri dari manfaat inti untuk pemecahan masalah yang dicari konsumen ketika mereka membeli produk atau jasa. Dalam merancang produk, pemasar mula-mula arus mendefinisikan manfaat inti yang akan disediakan produk ke konsumen. Selajutnya perencanaan produk harus menciptakan produk aktual ( actual product ) disekitar produk inti. Produk aktual mungkin mempunyai lima karateristik: tingkat kualitas, fitur, rancangan, nama merek, dan kemasan. Akhirnya, perencanaan produk harus mewujudkan produk tambahan disekitar produk inti dan produk aktual dengan menawarkan jasa dan manfaat tambahan bagi konsumen.

Penentuan klasifikasi produk, produk konsumen adalah produk yang dibeli konsumen akhir untuk konsumsi pribadi. Produk konsumen meliputi :

a. Produk sehari-hari adalah produk dan jasa konsumen yang biasanya sering dan cepat dibeli oleh pelanggan dan disertai dengan usaha yang sedikit dalam membandingkan dan membeli. Misalnya, sabun, permen, koran, dan fast food.

b. Produk shopping ( shopping products ) adalah produk dan jasa konsumen yang jarang dibeli, sehingga pelanggan membandngkan kecocokan, kualitas, harga, dan gayanya dengan cermat. Contohnya mebel, pakaian, mobil bekas, peralatan rumah tangga utama, serta jasa hotel dan motel.

c. Produk spesial ( specialty products ) adalah produk konsumen dengan karateristik unik atau identifkasi merek yang dicari oleh kelompok pembeli tertentu, sehingga mereka mau mengeluarkan usaha khusus untuk memperolehnya. Misalnya, merek serta jenis mobil tertentu, peralatan fotografi yang mahal dan sebagainya.

d. Produk yang tidak dicari ( unsought products ) adalah produk konsumen d mana keberadaannya tdak diketahui, atau jika diketahui oleh konsumen pun, tidak terfikir oleh mereka untuk membelinya. Sebagian besar inovasi baru yang yang penting tidak dicari (unsought) sampai konsumen menyadarinya lewat iklan.



Tempat atau saluran distribusi
Menurut David A. Revzan bahwa: Saluran distribusi adalah merupakan suatu jalur yang dilalui oleh arus barang-barang dari produsen ke perantara dan akhirnya sampai kepada pemakai. Sedangkan menurut Alex S. Nitisemito mengemukakan bahwa: Saluran distribusi adalah lembaga-lembaga distributor atau lembaga-lembaga penyalur yang mempunyai kegiatan untuk menyalurkan barang-barang atau jasa-jasa dari produsen ke konsumen.

Unsur-unsur penting dalam saluran distribusi adalah :
Saluran distribusi merupakan jalur yang dipakai oleh produsen untuk memindahkan produk mereka melalui suatu lembaga yang mereka pilih.
Saluran mengalihkan kepemilikan produk baik secara langsung maupun tidak langsung dari produsen kepada konsumen.
Saluran distribusi bertujuan untuk mencapai pasar tertentu. Jadi pasar merupakan tujuan akhir dari kegiatan saluran.
Saluran distribusi merupakan suatu kesatuan dan melaksanakan sistem kegiatan (fungsi) yang lengkap dalam menyalurkan produk.4

5. Promosi
Promosi adalah suatu komunikasi pemasaran, artinya aktifitas pemasaran yang berusaha menyebarkan informasi, mempengaruhi/membujuk, dan atau mengingatkan pasar sasaran atas perusahaan dan produknya agar bersedia menerima, membeli dan loyal pada produk yang ditawarkan perusahaan yang bersangkutan, Tjiptono (2001 : 219).
Adapun tujuan dari pada perusahaan melakukan promosi menurut Tjiptono (2001 : 221) adalah menginformasikan (informing), mempengaruhi dan membujuk (persuading) serta mengingatkan (reminding) pelangggan tentang perusahaan dan bauran pemasarannya.

Ada empat jenis kegiatan promosi, antara lain : (Kotler, 2001:98-100)
Periklanan (Advertising), yaitu bentuk promosi non personal dengan menggunakan berbagai media yang ditujukan untuk merangsang pembelian.
Penjualan Tatap Muka (Personal Selling), yaitu bentuk promosi secara personal dengan presentasi lisan dalam suatu percakapan dengan calon pembeli yang ditujukan untuk merangsang pembelian.
Publisitas (Publisity), yaitu suatu bentuk promosi non personal mengenai, pelayanan atau kesatuan usaha tertentu dengan jalan mengulas informasi/berita tentangnya (pada umumnya bersifat ilmiah).
Promosi Penjualan (Sales promotion), yaitu suatu bentuk promosi diluar ketiga bentuk diatas yang ditujukan untuk merangsang pembelian.
Pemasaran Langsung (Direct marketing), yaitu suatu bentuk penjualan perorangan secara langsung ditujukan untuk mempengaruhi pembelian konsumen.


Rossiter dan Percy (dalam Tjiptono, 2002:222) mengklasifikasikan tujuan promosisebagai efek dari komunikasi sebagai berikut :

1. Menumbuhkan persepsi pelanggan terhadap suatu kebutuhan (category need).
2. Memperkenalkan dan memberikan pemahaman tentang suatu produk kepada konsumen (brand awareness).
3. Mendorong pemilihan terhadap suatu produk (brand attitude).
4. Membujuk pelanggan untuk membeli suatu produk (brand purchase intention).
5. Mengimbangi kelemahan unsur bauran pemasaran lain (purchase facilitation).
6. Menanamkan citra produk dan perusahaan (positioning).



A.3.PROSES RISET PEMASARAN
Proses riset pemasaran terdiri dari empat langkah : merumuskan masalah dan sasaran riset, mengembangkan rencana riset, mengimplementasikan rencana riset, dan menginterpretasikan serta melaporkan hasil temuan.

a)      Merumuskan masalah dan sasaran riset
Manajer harus cukup mempunyai pengetahuan mengenai riset pemasaran untuk membantu perencanaan dan dalam menginterpretasikan hasil riset. Peneliti pemasaran berpengalaman yang memahami masalah manjer juga harus dilibatkan dalam tahap ini. Peneliti harus mampu membantu manajer merumuskan masalah dan memberi gambaran bagaimana riset dapat membantu manajer mengambil keputusan lebih baik.
Proyek riset pemasaran biasanya mempunyai satu dari tiga jenis sasaran. Sasaran riset penjajakan adalah untuk mengumpulkan informasi pendahuluan yang akan membantu merumuskan masalah dan saran hipotesis yang lebih baik. Sasaran riset deskriptif adalah untuk menguraikan masalah pemasaran, situasi pemasaran, atau pasar seperti potensi pasar untuk suatau produk atau demografi dan sikap konsumen. Sasaran riset sebab-akibat adalah untuk menguji hipotesis mengenai hubungan sebab dan akibat.

b)      Mengembangkan rencana riset
Langkah kedua dari proses riset pemasaran menuntut penetapan informasi yang diperlukan, mengembangkan rencana untuk mengumpulkan secara efisien, dan menyajikan rencana itu kepada manajemen pemasaran. Rencana mengembangkan sumber data yang sudah ada dan menyatakan pendekatan riset spesifik, metode kontak, rencana mengambil sampel dan instrumen yang akan dipergunakan oleh peneliti untuk mengumpulkan data baru.

c)      Mengumpulkan Informasi Sekunder
Untuk memenuhi kebutuhan informasi para manajer, peneliti dapat mengumpulkan data sekunder, data primer, atau keduanya. Data sekunder terdiri dari informasi yang sudah ada di suatu tempat, yang telah dikumpulkan untuk tujuan lain. Data primer terdiri dari informasi yang dikumpulkan untuk tujuan khusus yang telah ditentukan.

d)     Merencanakan Pengumpulan Data Primer
Keputusan yang baik memerlukan data yang baik. Sama seperti para peneliti harus mengevaluasi secara hati-hati mutu informasi sekunder, mereka juga harus berhati-hati ketika mengumpulkan data primer untuk memastikan bahwa informasi itu relevan, akurat, mutakhir, dan tidak bias.

Bahwa merancang rencana pengumpulan data primer memerlukan sejumlah keputusan menyangkut pendekatan riset, metode kontak, rencana pengambilan sampel dan instrumen riset.

Riset pengamatan adalah pengumpulan data primer dengan mengamati orang, tindakan, dan situasi yang relevan. Metode kontak adalah informasi dapat dikumpulkan lewat surat, telepon, atau wawancara tatap muka.

Rencana pengambilan sampel. Peneliti pemasaran biasanya mengambil kesimpulan mengenai kelompok konsumen (jumlahnya banyak) dengan memepelajari sampel dari populasi seluruh konsumen (jumlahnya sedikit).

Suatu sampel adalah segmen dari populasio terpilih untuk mewakili populasi secara keseluruhan.Instrumen penelitian. Untuk mengumpulkan data primer, peneliti pemasaran mempunyai dua instrumen riset utama-kuesioner dan peralatan mekanik.

e)      Menyajikan rencana riset
Pada tahap ini, peneliti pemasaran harus meringkaskan rencana dalam sebuah proposal tertulis. Proposal harus mencakup masalah manajemen yang dituju dan sasaran riset, informasi yang harus diperoleh, sumber informasi sekunder atau metode untuk mengumpulkan data primer, dan caranya hasil akan membantu pengambilan keputusan manajemen. Rencana atau proposal riset tertulis memastikan bahwa manajer pemasran dan peneliti mempertimbangkan semua aspek penting dari riset, serta bahwa mereka sepakat tentang mengapa dan bagaimana riset akan dilakukan.

f)        Mengimplementasikan rencana riset
Peneliti kemudian mengimplementasikan rencana pemasaran. Termasuk disini, mengumpulkan, mengolah, dan menganalisis informasi. Peneliti harus mengawasi pekerjaan lapangan dengan ketat untuk memastikan bahwa rencana diimplementasikan dengan benar dan untuk menghindari masalah dengan kontak responden, denganresponden yang menolak bekerja sama atau yang memeberikan jawaban bias atau tidak jujur, serta dengan pewawancara yang melakukan kesalahan atau mengambil jalan pintas.

Peneliti harus mengolah dan menganalisis data yang dikumpulkan untuk mengisolasikan informasi dan hasil temuan penting. Mereka harus memeriksa data dari kuesioner untuk akurasi dan kelengkapan serta memberi kode untuk analisis komputer. Peneliti kemudian melakukan tabulasi hasil dan menghitung rata-rata serta mengukur statistik yang lain.

g)      Menginterpretasiakan serta melaporkan hasil temuan

Kemudian peneliti harus menginterpretasikan hasil temuan, menarik kesimpulan dan melaporkannya kepada manajemen. Peneliti tidak boleh mencoba untuk menimbun manajer dengan angka dan teknik statistik yang canggih. Sebaliknya, peneliti harus menyajikan hasil temuan penting yang bermanfaat untuk mengambil keputusan penting yang dihadapi oleh manajemen.

Interpretasi merupakan tahap yang penting dalam proses pemasaran. Riset terbaik tidak berarti apa-apa bila manajer menerima begitu saja interpretasi salah dari peneliti. Jadi, manajer dan peneliti harus erat bekerja sama ketika membuat interpretasi hasil riset dan keduanya harus sama-sama bertanggungjawab atas proses riset dan keputusan hasil.



B. SISTEM INFORMASI PEMASARAN (SIP)

B.1. DEFINISI SIP

Sistem informasi pemasaran adalah sistem informasi yang menyediakan informasi yang diterapkan dalam pemasaran, sistem ini mendukung pengambilan keputusan yang berkaitan dengan bauran pemasaran, yang mencakup 5P[1] :

1.   Produk (barang dan jasa) : produk yang dihasilkan dalam perbankan syari’ah berupa jasa yang memiliki ciri khas yang sesuai dengan nilai-nilai syari’at.

2.   Place (tempat yang menjadi sasaran pemasaran) : tempat yang tepat untuk pemasaran dan segmentasi pasar.

3.Promotion (Promosi yang perlu dilakukan) : sosialisasi dan promosi terhadap produk bank syari’ah serta jasa layanannya.

4.Price (harga produk) : penentuan harga jual produk berupa jasa yang ditawarkan dalam perbankan syari’ah merupakan salah satu faktor terpenting untuk menarik minat nasabah.

5.  People (SDM) :  kepada siapa produk dan jasa perbankan syari’ah ini ditujukan.



B.2. RUANG LINGKUP SIP
Pada usaha-usaha yang masih kecil kita dapat langsung berhubungan dan memperoleh informasi langsung dari tangan pertama yaitu para pembeli dan distributor. Sehingga kita dapat langsung mengikuti perkembangan pasar dari dekat. Apabila usaha yang dijanlankan sudah mulai meluas maka hubungan langsung dengan para pembeli dan distributor. Hubungan ini sangat dibutuhkan untuk mendapatkan informasi yang digunakan sebagai dasar pengambilan keputusan untuk kegiatan-kegiatan pemasaran. Oleh karena itu informasi begitu penting dari berbagai pihak dan dari berbagai bentuk.

Pada umumnya perusahaan saat ini lebih banyak terlibat dalam berbagai macam produk, sedangkan para pesaing mampu menetapakan strategi pemasaran yang baru secara cepat dan tepat dalam menggunakan kesempatan memasarkan dari perubahan faktor-faktor lingkungan seperti pasar, teknologi, ekonomi, kebudayaan, dan kebijaksanaan pemerintah. Begitu besar peranan informasi pemasaran makin bertambah penting terutama dalam pengambilan keputusan di bidang pemasaran.

Permasalan kali ini bagaimana menyediakan informasi yang tepat sehingga bermanfaat bagi masyarakat untuk memasarkan barang/jasa. Data atau fakta dasar pada banyak perusahaan belum dapat disesuaikan denagn kebutuhan informasi yang intensif untuk pemasaran yang efektif dalam perkembangan ekonomi modern sekarang ini. Tiga hal yang menyebabkan informasi pemasaran menjadi kebutuhan yang lebih besar dari waktu-waktu sebelumnya:

1)Terdapat perubahan dari pasar lokal ke pasar nasional dan internasional.

2) Adanya transasi dari pemenuhan kebutuhan pembeli ke pemenuhan keinginan pembeli.

3) Adanya transasi dari persaingan yang semata-mata tidak pada harga.

Berdasarkan kebutuhan dan pengumpulan, informasi pemasaran tersebut dapat dibedakan atas:

a)      Informasi pemasaran yang rutin atau secara berkala
Dibutuhkan untuk analisa dan evaluasi atas keberhasilan pelaksanaan kebijaksanaan dan srategi pemasaran yang telah ditetapkan. Informasi ini digunakan untuk melihat sampai mana jauh terjadinya penyimpangan atas kebijaksanaan dan strategi yang ditetapakn dan sampai berapa jauh keberhasilan dan kebijaksanaan dan strategi tersebut. Dan jika ada penyimpangan atau kekurangan keberhasilan dari kebijaksanaan dan strategi tersebut, akan segera diadakan penyempurnaan atau perbankan.



b)      Informasi pemasaran yang penyampaiannya atau penerimaannya sewaktu-waktu.

Informasi ini biasanya didapatkan melalui riset pemasaran. Informasi ini dibutuhkan untuk mengambil keputusan , khusus mengenai kebijaksanaan dan strategi pemasaran.

Ruang lingkup informasi pemasaran cukup luas, menyangkut segala informasi yang dibutuhkan untuk pengamabialan keputusan di bidang pemasaran.


B.3. KONSEP SIP
Hubungan antara informasi dengan kegiatan pengambilan keputusan di bidang pemasaran saling berkaitan satu dengan lainnya. Sebagian besar informasi yang dibutuhkan dalam bidang pemasaran bersumber dari pasar seperti pembeli, pesaing, harga, dan distribusi.
Informasi pemasaran dijalankan untuk meningkatkan kualitas dan kuantitas dari keputusan yang diambil yang dihubungkan dengan tersedianya informasi yang dibutuhkan. Dan biasanya pengumpulan,pengolahan, penyajian, dan penyampaian informasi ini ke dalam suatu bagian tersendiri. Hal ini dilakukan untuk memperoleh keyakinan yang lebih besar atas informasi yang dikumpulkan dan diolah, sehingga perlu membentuk bagian riset pemasaran.
Suatu sistem informasi pemasaran didefinisikan sebagai suatu susunan yang saling terkait, mulai dari orang-orang, mesin-mesin, dan prosedur-prosedur yang direncanakan untuk menghasilkan suatu aliran yang tersusun dari informasi yang tepat, yang telah dikumpulkan baikdari sumber-sumber yang berada di dalam maupun di luar perusahan untuk dipergunakan sebagai dasar bagi pengambilan keputusan dalam bidang pertanggungjawaban tertentu dari manajemen pemasaran. Jadi, informasi pemasaran menunjukkan suatu usaha yang formal untuk mensistermatisir banyak arus informasi yang dibutuhkan, sehinga informasi pemasaran lebih banyak tersedia dan berguna.

Dalam suatu sitem informasi pemasaran terdapat empat komponen[3] :



a)        Sistem laporan intern



Informasi yang terdapat dalam laporan intern dapat membantu dalam penentuan keputusan yang akan diambil alih oleh manajer pemasaran.

b)        Sistem riset pemasaran



Riset pemasaran ini diperlukan secara terus-menerus dengan objek penelitian yang berbeda-beda tergantung pada permasalahan yang dihadapi pimpinan dalam menentukan keputusan. Bagian riset pemasaran inilah yang akan mencari, mengolah, menganalisa, dan menyajikan secara sistematis informasi dan riset pemasaran yang dibutuhkan oleh manajer pemasaran.



c)        Sistem kecekatan atau daya pemikir pemasaran



Sistem ini menyediakan data yang sedang terjadi didalam bidang pemasaran kepada para pejabat pimpinan pemasaran.


d)       Sistem analisa pemasaran


Teknik ini merupakan hasil penemuan dan kesimpulan yang diperoleh dari data yang ada. Suatu sistem analisa pemasaran seperti “statistical bank” dan “model bank”. Statistikal bank adalah suatu kumpulan prosedur statistik yang maju untuk dapat lebih baik mempelajari tentang hubungan antara sekumpukan data dan statistikal  kenyataannya. Sedangkan model bank merupakan suatu kumpulan model yang akan membantu mengembangkan keputusan pemasaran yang lebih baik. Semua ini saling menghubungkan yang menggambarkan suatu hasil, proses dan sistem yang riil.



Perkembangan dan trend dalam lingkungan pemasaran disaring dan diseleksi serta diolah dalam salah satu dari empat subsistem yang terdapat dalam sistem informasi pemasaran. Hasil tindakan diambil dari informasi pemasaran tersebut mengalir kembali kelingkungan pemasaran yang berupa keputusan dan komunikasi pemasaran.



Usaha pengembangan sistem informasi merupakan gambaran pertumbuhan yang nyata dari rumitnya analisa data pemasaran untuk meningkatkan rentanilitas atau tingkat keuntungan. dengan dasar pengalaman dalam penganalisaan data secara hati-hati dan yakin akan ketepatan tindakan yang akan diambil.

BAB III
PENUTUP
KESIMPULAN

A. Riset pemasaran adalah studi mengenai kebutuhan dan keinginan nasabah serta cara-cara agar bank dapat memenuhi kebutuhan tersebut. Riset pemasaran dapat diperoleh dengan cara menugaskan mahasiswa atau dosen pada perguruan tinggi setempat, ataupun dapat menyewa suatu perusahaan riset pemasaran.

B. Cakupan riset pemasaran : riset bisnis atau ekonomi dan perusahaan, penentuan harga, produk, tempat atau saluran distribusi, dan promosi.

C. Proses riset pemasaran terdiri dari empat langkah : merumuskan masalah dan sasaran riset, mengembangkan rencana riset, mengimplementasikan rencana riset, dan menginterpretasikan serta melaporkan hasil temuan.

D. Sistem informasi pemasaran adalah sistem informasi yang menyediakan informasi yang diterapkan dalam pemasaran, sistem ini mendukung pengambilan keputusan yang berkaitan dengan bauran pemasaran, yang mencakup 5P ( Produk, Place, Promotion, Price dan People ).

E. Ruang lingkup sistem informasi pemasaran : Informasi pemasaran yang rutin atau secara berkala dan Informasi pemasaran yang penyampaiannya atau penerimaannya sewaktu-waktu.

F. Konsep sistem informasi pemasaran terdiri dari 4 komponen : sistem laporan intern, sistem riset pemasaran, Sistem kecekatan atau daya pemikir pemasaran dan Sistem analisa pemasaran.

DAFTAR PUSTAKA

Kotler, Philip dan Gary Armstrong. (2008). Prinsip-Prinsip Pemasaran edisi 12 jilid 1. Jakarta:Erlangga.
Mufa. (2013).riset dan informasi pasar.
Gita Danupranata,(2013)Manajemen Perbankan Syari’ah,Jakarta : Salemba Empat.
Azwar Ircham.(2010).Ruang Lingkup Pemasaran.


Simak Video Berikut ini!!




Tugas Mandiri!
  1. Jelaskan pengertian riset pemasaran!
  2. Jelaskan pengertian system informasi pasar!
  3. Sebutkan tujuan riset pemasaran!
  4. Bagaimana sistematis kegiatan riset pemasaran?

0 comments:

Posting Komentar