Senin, 20 April 2020

Pemasaran Online menggunakan e-mail / e-mail marketing

Pemasaran Online menggunakan e-mail / e-mail marketing



sumber ; pngio.com
1. E-mail atau surat elektronik merupakan salah satu fasilitas atau aplikasi internet yang paling banyak digunakan dalam hal surat-menyurat.
2. Adapun manfaat dari e-mail, sebagai berikut.
a.  Sebagai media komunikasi.                  e.  Media promosi.            
b. Media informasi.                                  f.  Media informasi.
c.  Sebagai media pengiriman.                 g.  Dapat digunakan untuk membuat blog atau website.
d. Efektif, efisien, dan murah.
3. E-mail marketing adalah teknik pemasaran menggunakan media internet dan surat elektronik dengan tujuan menjalin hubungan dan menyampaikan pesan pemasaran (promosi) untuk menarik pelanggan.
4. Tujuan dari pemasaran dengan menggunakan e-mail, yaitu untuk menjual, mempromosikan, menginformasikan, menjalin hubungan serta membujuk konsumen yang dikemas dalam bentuk newsletter atau surat elektronik promosi.
5. Di mana alasan surat elektronik menjadi salah satu teknik pemasaran, sebagai berikut.
a.  Cepat dan sederhana.
b.  Jangkauan yang luas.
c.  Hemat.
d. Membangun/menjalin hubungan, dengan mengirim surat elektronik kepada konsumen secara teratur dari waktu ke waktu.
e.  Meningkatkan trafik (tingkat/banyaknya kunjungan pengguna).
6. Kelebihan surat elektronik, di antaranya:
a.  Bisa melakukan promosi lebih eksklusif, atau lebih personal.
b.  Dapat mencakup pemasaran yang luas, baik itu pada konten artikel, gambar hingga bentuk video yang lainnya.
c.  Waktu pengiriman yang cepat dan tepat. Hal ini dikarenakan bisa dilampirkan secara jelas, dari alamat tujuan, judul hingga beberapa lampiran.
d. Bisa digunakan sebagai pemasaran dan juga berkomunikasi dalam cakupan bisnis tersebut, seperti tanya jawab.
7. Kekurangan surat elektronik, yaitu:
a.  E-mail bisa salah alamat, yaitu ke spam atau sampah bukan ke inbox.
b. Terkadang tidak bisa diterima dalam waktu yang bersamaan dan juga tidak selalu bisa dijawab dalam waktu yang cepat.
c.  Tidak semua calon konsumen yang ditargetkan mempunyai e-mail.

simak video berikut !!



Tugas Mandiri!!
  1. Apa yang dimaksud dengan email marketing?
  2. Apa tujuan dari pemasaran dengan menggunakan e-mail?
  3. Mengapa surat elektronik menjadi salah satu teknik pemasaran?
  4. Apa saja kekurangan dari e-mail?



0 comments:

Posting Komentar